2010/9/3 Ferry Kristianto <mailtomyitan...@gmail.com>:
> Dear All (terutama mas Arief)
>
> Saya ingin membatasi trafik port 80 sampai 80% dari bandwidth,yaa kurang
> lebihnya 700Kbps dan sisanya untuk port yang lain.
> Tujuannya supaya aplikasi torrent tidak menyita bandwidth. Saya
> menggunakan transparent proxy dan squid.
> caranya bagaimana ya? Saya sudah baca2 di blog-nya mas Arief, tapi belum
> mengerti  bagaimana caranya untuk pembagian bandwidth per port.

+++ kalo tujuannya cuma utk aplikasi torrent, kenapa ga torrent  nya
aja yang dilimit ? untuk bandwidth http biar proxy yang nanganin

#membatasi torrent 256kbit
tc qdisc add dev eth0 root handle 1: htb
tc class add dev eth0 parent 1: classid 1:1 htb rate 100mbit
#limit peer-to-peer / torrent
tc class add dev eth0 parent 1:1 classid 1:17 htb rate 256kbit

#firewall
iptables -t mangle -A PREROUTING -p tcp -j CONNMARK --restore-mark

#mark torrent '2'
iptables -t mangle -A PREROUTING -p tcp -m ipp2p --bit -j MARK --set-mark 2
iptables -t mangle -A PREROUTING -p tcp -m mark --mark 2 -j CONNMARK --save-mark
iptables -t mangle -A POSTROUTING -o eth0 -m mark --mark 2 -j CLASSIFY
--set-class 1:17

iptables nya harus di patch dulu supaya support utk ipp2p dan kernel
nya juga harus ada module connmark.
maaf, belum di coba :-)

-avd
--