On Sep 20, 2010, at 9:48 AM, Hari Hendaryanto wrote:

> pak asfik, kalau domainkey yahoo memang pakai, tapi kalo SPF saya ragu.
> karena yahoo sendiri tidak mempublish SPF record di dns mereka.
> saya pernah punya masalah seperti ini, ribuan email2 yg direlay dari customer
> ke arah domain yahoo stuck di queue smtp backends kami sampai berhari hari.

Betul pak Hari, Yahoo memang tidak mempublish record SPF untuk domain2 mereka,
tapi jika kita publish SPF untuk domain kita, mereka akan mengeceknya. Silakan
dicek di header email yg diterima di Yahoo. Sebenarnya kita ini tidak tahu
persis policy seperti apa yg diterapkan oleh Yahoo, hanya sebatas mengira-ngira
saja.

> saya coba workaround dengan metode me rotate source ip yg di gunakan postfix
> sebagai smtp backend. hasil nya lumayan. sampai saat ini belum ada masalah yg
> significant ke arah domain yahoo, kecuali jika broadcast virus dari arah
> salah satu customer.yg bikin reputasi ip2 smtp jadi jeblok hehehe.
> dokumentasi nya ada di sini:
>
> http://www.kutukupret.com/2009/11/30/postfix-smtp-outgoing-ip-rotator-using-iptables/

Tutorialnya bagus, sebenarnya cukup dengan dua IP saja, kalau yang utama lagi
kena delay di Yahoo bisa pakai IP cadangan (tentunya PTR juga sudah ada) dan
cukup dengan menambahkan/mengubah smtp_bind_address di main.cf untuk
menggunakannya. Oh iya, dan tidak perlu iptables :-)

Asfihani