Link artikel berikut gambar ilustrasi lengkap :
http://vavai.com/2010/10/14/tips-improvement-performance-kecepatan-zimbra-mail-server/

Sejak bulan lalu saya melakukan setting sistem mail server disebuah
perusahaan media besar di Jakarta. Mail server yang dibangun
menggantikan  2 buah mail server berbasis Postfix yang berjalan pada
sistem lama, Red Hat 9. Total data yang dimigrasikan sebesar 70 GB dan
saya membutuhkan waktu  1 hari 1 malam melakukan sinkronisasi
menggunakan Imapsync. Sinkronisasi pakai cara lain sebenarnya bisa
lebih cepat namun saya lebih memilih Imapsync karena Imapsync dapat
melakukan duplikasi struktur folder dengan baik. Susunan Inbox, Sent
Items, Draft dan folder lain bisa secara otomatis disinkronisasikan.

Setelah berjalan selama beberapa waktu, saya perhatikan ada beberapa
hal yang mengkhawatirkan soal stabilitas sistem. Mesin Zimbra berjalan
pada mesin Virtual Xen Hypervisor berbasis SLES 11 SP1 64 bit, dengan
RAM 12 GB dan dual harddisk SAS yang diset sebagai RAID 1 secara
Hardware. Jumlah user memang tidak terlampau besar, masih dalam
kisaran 800-1000 user namun trafik emailnya cukup tinggi, antara 50
hingga 100 ribu email per hari. Hal ini karena ada demikian banyak
mailing list internal yang digunakan sebagai media komunikasi antar
departmen.

Milis menggunakan engine mailman yang diintegrasikan dengan Zimbra Mail Server.

Dalam kondisi normal, Zimbra tidak memiliki kendala namun ada
saat-saat tertentu dimana Zimbra terasa lambat diakses dan bahkan
sempat terasa Zimbra tidak merespon saat diakses melalui webmail.

Saya melakukan beberapa improvement untuk meningkatkan performance
Zimbra Mail Server yang Alhamdulillah bisa memberikan peningkatan
kualitas akses dan stabilitas mesin. Jika anda ingin mencoba
menerapkannya di server, mohon melakukan backup total karena bisa saja
tips ini tidak cocok untuk konfigurasi Zimbra mail server anda.
Lakukan perubahan secara cermat agar jangan sampai membuat server
Zimbra anda crash.

Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan :

   1. Memisahkan incoming mail server dari server utama. Saya
melakukan utilisasi mesin backup Zimbra sebagai media front-end mail
server sekaligus sebagai anti spam dan anti virus. Semua email dari
internet akan diterima oleh mesin front-end, kemudian discan anti
virus dan anti spam. Jika dianggap bersih, email akan diteruskan ke
mail server utama sedangkan jika email teridentifikasi sebagai spam
atau virus, email akan diblok oleh front-end mail server
   2. Non aktif service yang tidak diperlukan. Saya menonaktifkan
service SNMP, Stats dan Logger karena relatif tidak terlalu sering
saya pergunakan. Saya juga bisa menonaktifkan service anti virus dan
anti spam di mail server utama karena incoming mail dari internet akan
dikelola oleh mail front-end. Service bisa dinonaktifkan melalui menu
Zimbra Admin atau bisa juga melalui konsole.Semua perintah pada
konsole dilakukan dengan user zimbra (su – zimbra terlebih dahulu)

      zmprov ms mail.vavai.com -zimbraServiceEnabled snmp
      zmprov ms mail.vavai.com -zimbraServiceEnabled logger
      zmprov ms mail.vavai.com -zimbraServiceEnabled stats
      zmprov ms mail.vavai.com -zimbraServiceEnabled antivirus
      zmprov ms mail.vavai.com -zimbraServiceEnabled antispam
      zmcontrol restart

      Jika anda ingin menonaktifkan service diatas, check ulang dengan
kebutuhan anda sendiri jangan sampai menonaktifkan suatu service
padahal membutuhkannya, misalnya menonaktifkan service anti spam dan
anti virus padahal anda tidak memiliki front-end anti spam dan anti
virus.
   3. Mengubah konfigurasi ZMMTAConfig. Konfigurasi ini diset secara
default tiap 60 detik. Fungsinya adalah melakukan apply perubahan
konfigurasi kedalam sistem. Karena saya lebih sering menggunakan
perintah zmcontrol restart untuk melakukan update konfigurasi, saya
mengubahnya ke rentang waktu yang lebih lama, yaitu 2 jam.

      zmlocalconfig -e zmmtaconfig_interval=7200
      zmmtactl restart

   4. Mengubah konfigurasi zimbraLogRawLifetime. zimbraLogRawLifetime
digunakan untuk penyimpanan data log dan data summary. Saya melakukan
setting maksimum data log selama 7 hari dan summary selama 30 hari
dengan perintah berikut :

      zmprov mcf zimbraLogRawLifetime 7d
      zmprov mcf zimbraLogSummaryLifetime 30d
      /opt/zimbra/libexec/zmlogprocess

   5. Mengubah interval waktu untuk cron jobs.  Secara default,
zmstatuslog dijalankan tiap 2 menit. Status ini berhubungan dengan
status pada Zimbra Admin panel. Karena saya juga tidak terlampau
sering melakukan pengecekan status mail server pada Zimbra Admin
panel, saya mengubah intervalnya menjadi tiap 1 jam dengan perintah :

      su - zimbra
      crontab -e

      Dan kemudian mengganti baris perintah zmstatus log menjadi :

      0 * * * * /opt/zimbra/libexec/zmstatuslog

   6. Non aktif  Zimlet yang tidak perlu. Zimlet berfungsi sebagai
tools tip text, yaitu teks kecil yang akan muncul sebagai informasi
jika kita menjalankan mouse pada suatu tanggal, format nomor tertentu
atau pada alamat email. Zimlet berguna sebagai media informasi namun
jika tidak terlampau diperlukan, kita bisa melakukan undeploy untuk
menonaktifkannya. Zimlet yang saya non aktif antara lain : Yahoo
Emoticons, Zimbra Phone dan Zimbra Local
   7. Non aktif Admin extension. Saya menonaktifkan Zimbra Admin
Version Check yang fungsinya mengecek apakah mail server Zimbra
berjalan merupakan versi paling update atau bukan. Fasilitas ini
penting sebagai informasi namun saya pribadi lumayan aktif di Zimbra
Forum jadi kalau ada update mestinya saya tidak terlalu ketinggalan
:-)

Selain hal diatas, saya juga memasang aplikasi denyhosts untuk
menangkal akses SSH dari user yang tidak berhak sekaligus mengurangi
aplikasi yang tidak diperlukan. Saat ini stabilitasnya relatif terjaga
(mudah-mudahan seterusnya) dan pemakaian memory maupun CPU relatif
stabil dan normal.

Meski berjalan pada mesin Virtual, performancenya kini sudah cukup
membuat tidur Adminnya lebih nyenyak :-) .

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto
Blog (ID)                                  : http://www.vavai.com