2010/10/25 deardo <dear7...@gmail.com>:
> mohon masukan nih dari linuxers,
> gimana cara copy semua file kecuali berextensi atau folder tertentu,
> misalnya ektension *.txt, *.dat, *.exe.
> sudah cari2 di google, tapi bisanya pake sync.

Kalo dilihat subject emailnya menyinggung soal backup, tapi dari
kalimat terakhir anda sepertinya tidak mau pake sync, kenapa?

Saya hampir selalu menggunakan rsync untuk mengcopy files di mana:
- filesnya terlalu banyak kalo dicopy satu2,
- saya mau keep directory structurenya,
- hampir semuanya mau saya copy (atau yg mau dikecualikan ada patternnya)

Saya pake rsync untuk kebutuhan itu tidak peduli copynya lokal ke
lokal, lokal ke remote maupun remote ke lokal.

rsync punya options --exclude dan --exclude-from yang bisa digunakan
untuk keperluan ini.

    rsync -a --exclude='*.txt' --exclude='*.dat' --exclude='*.exe' source dest

Silakan baca dokumentasi/man pagenya utk penjelasan lanjut.

Perlu diingat juga bahwa di UNIX systems karakter "." di nama file itu
tidak ada arti khusus apa2 seperti di DOS atau Windows. Jadi istilah
filename extension itu nggak gitu berlaku. Minimal di level OS
demikian, di level aplikasi bisa lain2 tergantung aplikasinya.
(GNOME/KDE bukan di level OS) — Saya ngomong gini soalnya pernah liat
ada orang (bukan Anda :-)) yg mau remove files pake 'rm *.*' tapi yg
kehapus cuma files yg namanya ada titiknya doang, yg ga ada titiknya
malah gak kehapus.

Ronny