antivirus pada appliance itu menjadi cukup penting sekali apabila
appliance difungsikan sebagai proxy dan melakukan NAT pada jaringan
lokal, tapi kalo yg dilindungi oleh appliance cuma server aja sih
sebenarnya antivirus software based yg bisa di install & di config di
server sudah cukup baik misalnya clamav, bisa ditambah rkhunter utk
mencari dan membersihkan rootkit.
fungsi-fungsi optioanl pada appliance diantaranya multiwan, antivirus,
url filtering, QoS, tidak dibutuhkan pada DMZ