From: "Masim \"Vavai\" Sugianto" <va...@vavai.com>
Date: Wed, 27 Oct 2010 15:12:35
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Subject: Re: [tanya-jawab] backup linux
2010/10/27 Ronny Haryanto <ro...@haryan.to>:

> Sorry kalo penjelasan saya kemaren panjang lebar banget, mudah2an gak
> terlalu berkesan menggurui banget (kebiasaan jelek saya).

Ini mungkin diluar konteks tapi saya berharap mas Ronny atau rekan
lain bisa tetap memberikan penjelasan detail seperti itu (jika
memungkinkan dan tidak menyulitkan) karena ada banyak hal dan
pelajaran yang bisa dipetik.

Paling tidak, hal-hal mendetail jauh lebih membantu ketimbang
penjelasan yang sambil lalu. Bagi saya pribadi, penjelasan sambil lalu
justru merupakan kebiasaan buruk yang membuat pembaca yang tidak "in
charge" menjadi tambah mumet, hehehe...

Sebagai contoh, saya pribadi sering menggunakan rsync di server
production dan menggunakan pattern-pattern tertentu namun jarang
mengeksplorasi lebih jauh mengenai fungsi-fungsi lain yang kegunaannya
mungkin belum saya ketahui.

Konteks lain, saya sering mengulang baca-baca history perdebatan Linus
Torvalds dengan Andy Tanenbaum dan kagum pada penjelasan-penjelasan
mereka yang runtut dan detail. Diskusi-diskusi seperti itu sangat
mencerahkan dan menambah value diskusi.

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto