On Mon, 13 Dec 2010, alfa alfa wrote:

> maaf baru bisa online lagi.. sarannya mas eko sudah saya terapkan,
> tetapi masalahnya masih sama, ada cara lain...pls......hampir menyerah
> oey....

saya kurang mengikuti thread ini, jadi tidak begitu paham permasalahannya.
saran saya anda kembali ke awal dengan merunut satu persatu langkah yang
harus dilakukan dan memastikan langkah tersebut sudah benar (tersmasuk
konfigurasi yang diperlukan).

1. langkah pertama pastikan konfigurasi jaringan sudah benar, tanpa
firewall dll, alias murni routing.

2. langkah kedua, konfigurasi squid yang paling minimal tanpa transparant
proxy. pastikan semua user bisa akses (dengan konfigurasi eksplisit).

3. langkah ketiga, konfigurasi firewall untuk redirect ke squid,
konfigurasi squid untuk transparent proxy. pastikan user bisa akses tanpa
konfigurasi.

4. langkah keempat, konfigurasi squid dengan lebih canggih.

5. selamat mencoba!

salam

nb. saya yakin masalah anda pasti ada penyebabnya.

 --
|===[ Yudhi Kusnanto ]=============|