dh, gruber & liloer.

Di kompi ku ada 3 OS, windows, ubuntu 10.10 dan slax 13.1
instalasi terakhir pakai ubuntu 10.10. maka waktu boot
otomatis yang aktif grub-nya ubuntu, kemudian saya coba jalanin
lilo di slax 13.1, sekarang boot ke lilo nya slax tapi pilihannya
hanya windows dan slax, pilihan ubuntunya gak ada.
Pertanyaannya (ada 2 tapi gak ada hubungannya):

1. Kalau mau aktifin grub nya ubuntu lagi caranya bagaimana ?
lewat slax kemudian mount /dev/ubuntu bisa gak ?
kalau bisa urut-urutannya bagaimana ? perlu chroot gak ?

2. Kalau saya kepingin tetap pakai lilo nya slax tapi nambahin menu
pilihan untuk masuk ke ubuntu nya bagaimana ?
Ada gak command generate otomatic nya agar 3 os langsung ke detect
oleh lilo ketika lilo dijalankan ?

Terimakasih.