----- Original Message ----- From: "Masim "Vavai" Sugianto" <va...@vavai.com>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Monday, May 02, 2011 9:18 AM
Subject: Re: [tanya-jawab] File server online

2011/5/2 taufiq luthfi <taufiq.lut...@gmail.com>

pake ftp, kalau mo ngedit file-nya harus nge-download file-nya dulu
berarti? kalau udah selesai ngedit upload lagi kan?

kalau yg bisa di-mount otomatis setiap booting enaknya apa ya?

Saya pakai Subversion/SVN pak. Di Windows bisa pakai tortoise, di
Linux klien bisa pakai RabbitVCS. File bisa disimpan di lokal, nanti
bisa di sync ke server. Untuk sync bisa langsung klik kanan, update.
Untuk Simpan, klik kanan, commit.

Subversion kelihatannya susah, padahal simple banget dan cuma perlu
mengingat 2 perintah commit dan update saja. Perintah lain memang
tersedia namun itu kalau mau explore lebih jauh. Untuk penggunaan
sederhana, cukup commit dan update saja.

Pakai GUI sudah simple sekali kok.

Keuntungan tambahan, Subversion punya versioning sistem, sehingga
kalau ada file yang tidak sengaja terhapus atau tertimpa, bisa
langsung direstore ke titik tertentu.

Dulu saya pakai Subversion untuk manage data-data source code, tapi
sekarang malah lebih banyak saya gunakan untuk manage dokumen tulisan
dan spreadsheet.

Untuk setting juga mudah kok. Cuma perlu Apache dan Subversion,
semestinya bisa disetup dalam waktu kurang dari 1/2 jam saja.

Contoh aplikasi sejenis subversion dengan feature lumayan komplit
adalah Microsoft Share Point, jadi aplikasinya memang untuk penggunaan
corporate/skala corporate, meski saya sendiri menggunakannya untuk
personal + 2 orang staff :-D

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto
Blog (ID) : http://www.vavai.com
Excellent Infotama Kreasindo : http://www.vavai.biz
Training Zimbra Mail Server : http://bit.ly/iMSOXg

bisa dengan   login  pak akses nya  agar lebih  secure ?