Dear KLASer,

Masih seputar RAID, software raid tepatnya. Ini pertanyaan ketiga dari
3 pertanyaannya sebelumnya yg saya lempar ke milis ini tapi gak ada yg
jawab (barangkali gak pengalaman).

Berikut spesidikasi yg saya buat.
1. Centos 5.5
2. 2x SATA 500GB, mirroring (RAID 1)
3. partisi /boot, swap, 1. Ketiga partisi tersbut di mirror sehingga
terbentuk md0, md1, md2.
4. setelah proses instalasi selesai, reboot, dan komputer melakukan
proses REBUILD (sync)

Setelah proses REBUILD selesai baru kemudian saya setup GRUB pada HD2
dg tujuan agar jika HD1 failed HD2 tetep bisa boot mengikuti beberapa
panduan di internet yg memberikan cara yg sama. Problemnya ketika
fisik HD1 saya lepas, HD2 tidak bisa boot dgn pesan "kernel panic bla
bla ...." dan sebagainya.

ini URL yg menjadi referensi
http://www.texsoft.it/index.php?c=hardware&m=hw.storage.grubraid1&l=it

Tadi sempat nemu diskusi di Linux.or.id jikalau GRUB atau bootloader
tidak bisa diaplikasikan pada partisi RAID (array raid) cuman sarannya
itu blom saya coba.
(http://forum.linux.or.id/viewtopic.php?f=18&t=18118)

Mohon diberikan pencerahan bagi saya yg newbie.

--
Best Regards,
Cahyo Purnomo