2011/6/18 uka ayas <uka.a...@gmail.com>:
> Dear all,
>
> Setahu saya distro linux untuk desktop saat  ini  lifetimenya sekitar 18
> bulan atau kurang (misal Ubuntu LTS).
> Setelah itu kita harus upgrade ke versi lebih baru agar bisa menggunakan
> program2 baru.
> Apakah ada distro yang lifetimenya lebih lama agar tidak perlu sering
> upgrade jadi cuma update saja untuk memakai program yang lebih baru?
>
> TIA.

Ingin meluruskan persepsi aja. Untuk ubuntu, rilis baru ada setiap 6
bulan. Jadi dalam 1 tahun akan ada 2 rilis. Untuk rilis yang dinamai
LTS, maka ada tim khusus yang berkomitmen untuk menyediakan support
selama 3 tahun. Setelah masa support habis, distro sebenarnya masih
bisa digunakan, tapi tidak akan ada lagi update resmi dari pihak
Canonical.

Ini wajar aja, karena ga mungkin untuk mensupport aplikasi versi lama
secara terus menerus. Microsoft saja sudah menghentikan support untuk
Windows XP. Apple tidak mensupport Mac OS 9.

Kalau boleh tahu, ada keperluan apa dengan rilis dgn 'lifetime' lama?
Siapa tahu ternyata kebutuhannya bukan itu, atau bisa dicapai dengan
cara lain.

--
Donny Kurnia
http://www.linkedin.com/in/donnykurnia