On 9 Okt 2011, at 00:09, EIEN Mihoshi <eien.miho...@gmail.com> wrote:

> Hello all,
>
> Saya bingung soal compile source C dengan library eksternal. Saya coba
> tutorial penggunaan library ffmpeg dari
> http://dranger.com/ffmpeg/tutorial01.html, yang memakai library lavutil,
> lavcodec dan lswscale. Semua header yang diperlukan sudah saya include dan
> saya sudah menambah option ketiga library ke perintah gcc tapi dapat error
> seperti ini:
>
> ====
> # gcc -o tesframe -lavutil -lavcodec -lswscale -lavformat -lm frame.c
> frame.c: In function ‘main’:
> [...]

Pertanyaan seperti ini lebih cocok ditanyakan di milis linux-programming.

Mas Mitoshi udah paham konsep type lalu kegunaan file .h dan .c?

Type yang didefinisikan harus didefinisikan dahulu sebelum bisa dipakai. Jika
definisi type ditulis di file.h, maka di source code .c harus ditambahkan baris
untuk include file .h tersebut. Silahkan pelajari lagi dasar bahasa C.

Saran saya, jangan belajar dari buku ecek2 bahasa Indonesia karangan penulis
lokal. Lebih baik dari buku luar, seperti The C Programming Language, second
edition, karangan Brian Kernighan and Dennis Ritchie.

--
Donny Kurnia
http://www.linkedin.com/in/donnykurnia