On 19 Nov 2011, at 08:07, m Ilhami <m.ilh...@gmail.com> wrote:

> Rekan-rekan, kenapa ya ada banyak email dengan link semacam ini? Apa
> ini semacam virus, pencuri password, atau apa? saya tidak berani
> mengklik nya, tapi ini terjadi di banyak milis. Apa ada keyword di
> google tentang topik spam ini?
>
> --contoh:

Hal dasar dalam berinternet, jika Anda dapat email bahkan dari alamat yang
dikenal sekalipun, tapi isi emailnya tidak jelas, ditambah dengan link ke situs
yang tidak lazim, maka jangan pernah mengunjungi situs tersebut.

Seringkali email dibuat mirip email resmi. Saya sering dapat email mengaku dari
twitter maupun facebook. Katanya ada unread message, atau message baru yang
tidak bisa tersimpan karena 'inbox' di facebook penuh. Ada link yang
seakan-akan link resmi, padahal kalau dilihat urlnya tidak mengarah ke situs
asli yang mestinya mengirim email tersebut.

Jadi daripada pusing2 mikirin ini dari apa, anggap aja itu perbuatan orang
iseng yang mencoba menjebsk Anda untuk mendapatkan data2 pribadi Anda. Walaupun
pakai browser terbaru yang jalan di linux, jangan nekad mengunjungi situs
berbahaya tersebut. Kalau emang masih penasaran, manfaatkan modus incognito di
browser modern. Di modus ini, cookies Anda yang biasa akan disembunyikan,
sehingga tidak ada data yang akan bisa dicuri dari browser. Lalu jangan pernah
mengetikkan username dan password di situs selain situs resmi tempat Anda
memiliki kombinasi username dan password tersebut. Selalu cek url di kolom
lokasi di browser, jangan mau ditipu dengan link yang mirip.

Semoga kita semua terhindar dari tindakan pencurian identitas di dunia maya.
Selalu waspada dan teliti dengan situs yang akan kita kunjungi.

--
Donny Kurnia
Apple ID: donnykur...@gmail.com