Pada 27 Oct 2004, 10:52:59 +0100, Harry Sufehmi menulis (diringkas):

> Jadi ingat saat saya menjalankan emulator C64, langsung booting ke
> prompt BASIC ya. Saya baru sadar kalau komputer jaman dulu itu memang
> mendorong kita untuk menjadi programer.
>
> Tidak seperti komputer sekarang, yang cenderung cuma mendorong kita
> untuk menjadi user.

---akhir kutipan---

        Barangkali ada benarnya, namun ada fakta lain:

        * saya jadi terlambat mengenal sistem operasi. Setelah diajarkan
        di kuliah semester tiga, baru term tsb. saya kenal pertama kali.
        Itu pun sambil "tersedak-sedak" -- apa sih maksud pak dosen ini?
        :-)

        * BASIC Uber Alles! Menjadi semacam syarat tidak tertulis bahwa
        setiap orang harus belajar BASIC untuk memakai komputer;
        setidaknya itu yang saya tangkap di kabupaten saya. Akibatnya,
        pegawai bank yang hanya akan pakai editor (WordStar) atau
        spreadsheet (VisiCalc) juga harus ikut kelas BASIC di tempat
        kursus. Entah salah kaprah global, atau manajemen kursus di kab.
        saya yang punya "misi tersembunyi" menambahi jumlah pemasukan...

--
amal

The discerning person is always at a disadvantage.