On Tue, Nov 23, 2004 at 08:53:05PM +0700, Made Wiryana wrote:

> Bulan lalu waktu di Indonesia, saya mencoba naik kendaraan umum (ama
> bokap nggak boleh bawa mobil sendiri). Ternyata bisa juga koq, tentu
> saja dg berbagai constraintnya.  Saya naik bus, taxi, ojek, bajaj,
> kereta (Jabotabek), dan tentu saja Busway (ini lebih cepat dari naik
> mobil pribadi atau taxi). Pokoknya mana yg lebih cepat dan praktis itu
> yang saya pilih. Begitu juga kalau ke airport saya pilih naik bus
> DAMRI.

Saya juga sering naek ojek, taxi dan bis waktu di Jakarta. Kalo mudik
saya naek DAMRI (ke Lampung) atau kereta (ke Surabaya).

> Soal keamanan dan kesehatan sih atur-atur saja.  Asal tidak menyolok
> dan tetap waspada mungkin bisa dihandel.

Safety yg saya maksud lebih dr sekedar aman dr copet jambret aja sih.
Contohnya: bawa motor itu resikonya besar, walaupun kita sudah
berhati2 gimana pun kalo kena senggol dikit aja (bukan salah kita)
kalo naas bisa fatal. Apalagi kalo naek ojek gak pake helm.

Wah, jadi off topic. Udah ah :-)

Ronny