Mas Moko (yang di Wisconsin, USA) pernah bercerita bahwa dia membiasakan
diri membaca 2 buku sehari. Buku apa saja.
Saya pernah mencoba ... gagal.
Kalau novel dan ceritanya menarik, 1 buku bisa 2 hari.
(Bukan 2 buku 1 hari, lho.)
Seperti kemarin baca bukunya Dan Brown, bisa 2 hari selesai.

Seperti pernah saya lemparkan di sini:
http://gbt.blogspot.com/2004/11/speed-reading-or-stop-and-dream.html
cara membaca saya agak lambat, karena sering ngelamun membayangkan
apa yang diutarakan di bacaan tersebut.

Kalau photographic memory, rasanya mungkin tidak langsung berhubungan.
Memory saya tidak begitu baik. Dan herannya ... yang paling susah saya
hafalkan adalah ... nama orang. Entah kenapa, nama orang tidak bisa
melekat. Waktu menuliskan email ini saja saya sampai merenung cukup
lama untuk mengeluarkan nama "Moko". Saya ingat ... yang itu, tapi
namanya ... aduh siapa ya? Sampai akhirnya teringat ketika sudah
membuka shell akan melakukan "grep -i wisc Mail/*" ha ha ha.
Apa ada cara/pelajaran untuk mengingat nama orang?

-- budi