On Fri, 2005-02-11 at 17:11 +0100, Made Wiryana wrote:

> E250,

kalo mesin kecil satu ini inlet di depan, exhaustnya belakang. Jadi
rack-nya kudu yang bolong depannya, atau 68% covered max.

> Rack ini bukan rack bikinan sendiri memang khusus order untuk naruh si
> Enterprise geblek ini.

rack-nya Sun bukan?

>  Di sejajaranya tidak ada mesin lainnya lagi,
> mesin lainnya agak jauh. Karena memang pengaruh panas ini sudah
> dihitung.  Soal panas nggak jadi masalah, karena ada blower, dan
> ruangan kalau musim dingin bisa sampai  20 derajat

Humidity-nya berapa yah?

> Listrik di ruangan server terpisah (ada 3 line) 1 line khusus untuk
> server (ini biasanya diapprove oleh Computing Center, jadi jelas sudah
> memenuhi prasyartat, 1 line utk peralatan lainnya misal fax dsb.  1
> line utk peralatan "berat" (misal kulkas, vacuum cleaner).

OK, ambil-lah jadi fakta listrk beres, no problemo.

> Tapi memang rewel ya rewel aja he he he, karena PC yg sama di dalam
> kotak yg sama tidak mengalami masalah.

> Research Group tempat saya adalah salah satu pentolan di bidang "Root
> Cause Analysis" 8-),   justru itu kesimpulannya "rewel ya rewel" 8-).
> dan akhirnya pensiunkan SUN.

mestinya kalo RCA-nya professional, bisa dijabarkan penyebab awalnya
kenapa, bukan hanya "rewel" yang sifatnya attribut subyektif aja.

> Ada mesin SunRay dan SunBlade di meja saya.  Daripada ngerawat SunRay
> (yg perlu butuh server sendiri utk jalanin aplikasinya) mending beli
> MiniMac.  Manis, bisa login ke aplikasi server, dan kecil

Wah lha, tujuan deployment thin client ama thick client kan beda tuh.
Kalo emang mau ganti SunRay, saya pilih LTSP, lebih murah dan
terjangkau.
Pakai MiniMac, jebol satu, rada repot kalo ada data data unik/spesifik
di dalamnya.

Dan yang jelas kalo pakai MiniMac, gak bisa pindah pindah session
semudah cabut pasang card ke mesin SunRay lain kan? Kecuali pakai VNC
tentu saja, tapi itu juga gak mudah implementasinya, dan lagi lagi butuh
server tersendiri.

Kirim email ke