On Wed, 16 Feb 2005 14:56:58 +0700, Jim Geovedi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> wah, kalau hanya difilter berdasarkan klasifikasi (jenis?) packet dan
> bukan berdasarkan konten.. rasanya kurang begitu berguna. mengapa?
> karena ada banyak acara televesi yang suka menyisipkan content yang
> "tidak diinginkan" untuk untuk itu saya ada ide untuk mengembangkan
> teknologi filtering berdasarkan content.. kita beri nama saja TCDS
> (Television Content Detection System).

Standar MPEG7 (yang sedang disusun) sudah memasukkan itu semua di
dalam spesifikasinya (MPEG7 = untuk klasifikasi isi sebuah video,
bukan standar kompresi video).

Akan tetapi, untuk yang ingin berkreasi, membuat standar sendiri tidak
ada salahnya. Hanya "kalah adu kuat" saja dengan forum-forum industri
yang membuat standar MPEG7 itu.

Prinsip membuat TCDS juga tidak sulit (jangan memikirkan efisiensi dulu).
Misalnya, 1 frame/gambar ditentukan harus dalam 1 paket. Tidak muat
dalam 1 paket? OK, buat ke dalam beberapa paket, tetapi awal dari
frame harus ada di  awal paket pertama. Tambahkan sebuah header di
setiap paket (selain IP dan kawan-kawannya). Header itu berisi content
classification. Bentuknya bisa berupa XML code. Akan tetapi, bagaimana
router bisa mengenali header itu? Salah satu cara: edit kernel! Untuk
BSD kernel, tidak terlalu sulit (I had done it for my research). Akan
tetapi, mengedit kernel bukanlah cara yang elegan/menarik. Akan lebih
baik lagi jika dilakukan dengan menyisipkan XML code itu di
header-header standar yang ada (IP header, RTP header, dll).