On 4/26/05, Monang Setyawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Salah satu riset terkenal di software agent (Patty Maes, MIT) ada yang
> coba diimplementasikan di bidang ini. Idenya adalah dengan mengamati
> dan belajar dari tindakan user. Kalau tertarik mungkin bisa mulai dari
> http://portal.acm.org/citation.cfm?id=268000
> (atau google dengan keyword "maes interface agent")

Yup saya sudah tahu yang ini :)
Bahkan ... sebetulnya saya sudah mulai mengerjakan ini
yaitu di tahun 96 atau 97.

Waktu itu saya agak sedikit terpaksa melakukan hal ini
karena di tempat saya kerja (post doc di TRLabs), saya
dikasih satu Sun Javastation (model paling awal).
Nah, repotnya di terminal Java itu nggak ada apa-apa
kecuali Java (dan Hot Java). Nggak ada local disk, dsb.
Jadi semuanya harus remote (via Java lagi).
Saya kerepotan baca email saya.
(Mesti diingat bahwa web-based mail reader belum ada
jaman itu.)
Lagian ... email saya jumlahnya udah gila-gilaan
(menurut standar waktu itu lho).
Pikiran saya ... wah, saya harus punya sekretaris digital.
Dari sana saya buat program untuk menganalisa email saya.
Tapi belum selesai ... saya dikasih komputer, saya Linuxkan
dan nggak pakai Java station tuh lagi. :) he he he
Lantas pekerjaan saya hentikan...
(Waktu itu baru tahap extract email dan masukkan ke mSQL.
Wah apa kabarnya si miniSQL itu ya?)

Begitu ceritanya ...
Sampai sekarang masih ada kebutuhan, tapi gak ada waktu
untuk eksplorasi lagi.

-- budi