On Tue, 2005-05-17 at 14:19 +0700, Ananda Putra wrote:

> Hmm.. saya pernah dengar dari orang Ristek, ternyata export elektronik
> HW Indonesia saat ini jauh lebih besar daripada export SW Indonesia.

Memang betul data itu, tapi sudahkah anda lihat bendera perusahaan
exportirnya itu dari mana? Korea, Jepang, Amerika, dsb?
Adakah yang nama dan sahamnya dimiliki BUMN atau orang Indonesia tulen?

> Ttg kritikan itu, pendapat saya sih bukan artinya SDM Indonesia itu
> tdk bisa mengasilkan produk spt yg dimaksud,

Memang bukan SDM Indonesia tidak mampu, tapi sampai sekarang kita hanya
jadi alat produksi buat perusahaan dari negara lain, yang akan kalah
bersaing dengan China.
Saya kebetulan sering support company di Batam yang satu persatu tutup
dan pindah ke China (termasuk yang di Singapore juga pindah atau reduce
operation untuk relokasi ke China).
Ini untuk hardware yah

>  tapi masalahnya saat ini
> sangat sedikit investor yg berani invest di SW/produk2 komunitas. Beda
> dengan yg di LN, byk investor yg berani, lihat aja project Ubuntu,
> SourceForge, dll.

Kayaknya anda keliru ambil contoh di sini, Ubuntu dan SourceForge itu
BUKAN business project. Coba baca mission and vision Shuttleworth ketika
mendirikan Canonical misalkan. Dia memang disbursing money yang dia
dapat ketika akuisisi Thawte as a good return to community.

Saya sarankan lebih baik lihat di India, banyak company IT yang besar di
sana

> Menurut saya kondisi ini sebenarnya merupakan peluang utk menumbuhkan
> industri IT di Republik ini. SDM sudah punya, ide banyak, cuma yg
> belum adalah "dana" yg dapat menyatukan entiti2 resource tadi utk
> mematangkan produk/inovasi yg berasal dari komunitas itu.

Untuk melakukan investasi, anda HARUS punya instrumen investasi itu
sendiri. Coba saya tanya, di Indonesia apa saja instrumen investasi yang
low-risk, high-yield, transparent dan dapat diarahkan ke dunia IT?

Mungkin kalo anda bisa kasih ide, sebagian portofolio saya bisa saya
arahkan ke Indonesia juga. Sekarang sih, lebih demen ke South Korea dan
India :D

Kirim email ke