On 6/17/05, Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Saya jadi ingat cerita Richard Feynman.

1.
Cerita2 Feynman, biarpun inspiring dan lucu, suka bombastis. Rekan2
dekatnya pun, seperti misalnya Gell-Mann tidak terlalu suka dengan
gaya pengambilan kesimpulan seperti itu.
Tapi Mas Budi bener, barangkali situasi akademik di Indonesia justru
lebih buruk dari itu. Utamanya di kota2 besar, di mana banyak fasilitas
hidup menarik yang bikin mahasiswa terlena dan malas berpikir panjang.
Saya suka kagum dengan mahasiswa2 magang dari kota2 kecil, tapi
jarang kagum dengan mahasiswa Bandung atau Jakarta.

2.
Brazil lagi main kayu. Amazon ditebangi, dan hasilnya adalah uang yang
luar biasa. Tapi uangnya dipakai untuk pembangunan, soalnya korupsi
tidak lagi dibudayakan. Jadi dia siap jadi raja sains, teknologi (telekomunikasi
hingga nuklir) berikutnya.

--
Kuncoro Wastuwibowo
http://kun.co.ro/