The_Eye_In_The_Sky wrote:

> Tergantung juga sih environment-nya pakai apa. Kalo kayak kantor temen
> saya di Bank bank Eropa, ketat sekali. PDA tidak boleh bawa, MP3 player
> dsb juga, USB disk tidak, semua port USB di lem epoxy, FDD dibuang,
> CDROM tidak ada. Pada kondisi  ini jelas virus intrusion cuman dari e-
> mail, web atau FTP

Maksud saya begini 'pak, darimana saja medium asal virus tersebut,
palang terakhir pasti ada AV di client. Hari saya di pagi hari lebih
indah begitu melihat proses update virus definition berhasil dan job
untuk deploy virus definition client juga berhasil.

> PC anda OS-nya apa? Kalo saya pakai Solaris x86 dan Red Hat EL atau Java
> Desktop System. Di server bisa ditaruh image, kemudian client boot lewat
> network pakai PXE.

Untuk client kami memakai Windows XP

> Cara ini sudah benar, data data yang specific, sebaiknya ditaruh di
> server, sehingga mudah untuk melakukan backup-restore. Sebaiknya semua
> client itu dibuat stateless, bahkan kalo bisa diskless.

maunya kita juga kesitu tapi sayangnya untuk ngebeli SAN justifikasinya
belum bisa diapprove jadi untuk sekarang file server hanya bisa ditaruh
dengan work-related file saja. Tetapi ide flirting untuk memakai
diskless environment seperti citrix sudah mulai dikomporkan ;)

btw, terima kasih atas masukannya.

--alex

Kirim email ke