adi wrote:

> in theory, there's no difference between theory and practice,
> in practice, there is :-)
>
> untuk keperluan pedagogik, tidak mungkin menjawab
> kegelisahan Pak Budi dalam 1x reply. tapi, sebenarnya
> yang ada, hambatan itu sifatnya all-or-none. kalau
> kita menyentuh limitasi memory, tidak ada jalan keluar,
> kalau kita menyentuh limitasi kecepatan disk, tidak
> ada jalan keluar, kalau kita menyentuh limitasi CPU,
> tidak ada jalan keluar. kenapa? jawabnya gampang,
> tidak mungkin kita rally keliling vendor untuk
> menjawab pertanyaan Pak budi. barang yang sudah
> [...]

Sebenernya gak begitu.

Kalau big enterprise sebelum melakukan big purchasing order untuk
keperluan "mega/big" scale(seperti 1 million mail server,1000 data
center,etc),selalu melakukan proses internal testing dulu yang makan
waktu bulanan dan bahkan tahunan.Dari beberapa vendor yang diuji,akan
dipilih satu atau dua vendor.

Kalau gagal,ya barangnya dikembalikan.

Sebetulnya siih,(hampir) semua problem teknis bisa diselesaikan
(walaupun untuk "special software enhancement" ini,publik gak bakal
tahu).....

masalahnya tinggal customer bisa bayar berapa duit ?
(scale projectnya berapa besar ?) :) :)