Budi Rahardjo wrote:

> Kriterianya bagaimana?
> Makin sedikit energi yang dibutuhkan, makin bagus?

Kurang lebihnya begitu Pak Budi.

Baru inget kalau informasi detailnya dilepas ke publik sewaktu Intel
Developer Forum kemaren:
http://www.eweek.com/article2/0,1895,1847542,00.asp

> Saya baru saja pulang dari India (acaranya IBM di sana),
> dan salah satu yang kami diskusikan adalah mengenai
> eco-efficient engery technology.
> Yang jadi masalah adalah bagaimana menumbuhkan keinginan
> untuk menghemat energi, conserve environment, dsb.
> sehingga perusahaan mau menggunakan hal tersebut sebagai
> ukuran kemajuan perusahaan (bukan hanya sekedar "bottom
> line" yang diukur secara finansial saja).
> Nanti kita lihat bagaimana kesimpulan IBM di tahun 2006.

Parameternya apa kalau vendor bisa lebih menghebat energi ?

Sebenarnya sejak jamannya "dotcom crash", 2000-2003,vendor2
(networking) banyak yang cut cost dengan menghilangkan hardware
component yang gak terlalu penting,tapi saya gak yakin kalau itu
termasuk kriteria yg dimaksud.