On 9/28/05, Oskar Syahbana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  Ya caranya (salah satunya) itu tadi... galakan lagi program cinta produk
> dalam negeri. Bisa juga di atur dengan keputusan pajak. Jadi semakin kaya
> seseorang, pajaknya juga semakin gede. Sekarang juga udah seperti itu sih,
> pajak progresif, tapi implementasi di lapangannya yang bermasalah.
>
>  Hal lain yang bisa dilakukan ya melalui institusi pendidikannya. Kita sudah
> terlalu lama di suruh diam dan duduk mendengarkan di usia kita yang sangat
> produktif. Dengan pemberlakuan KBK, hal itu pun tidak jauh berbeda. Hanya
> sekolah - sekolah tertentu saja (dan biayanya tentu mahal) yang dapat
> [...]

hehehe...cara yang diatas kan yang memang sepatutnya dijankan
*regardless* BBM naik atau tidak.

Sebenarnya yang punya dampak paling real dan cepat ini kalau ada major
investment asing baru ke Indonesia,efeknya langsung pada penguatan
rupiah,employment,knowledge/information transfer,etc...Arah-nya SBY
sudah benar sebenarnya,cuman ya itu.....kita masih dalam tahap
perubahan sampai satu atau dua dekade kedepan.Harus sabar.

Investment IT ke Indonesia ? hehehe....no comment dululah,tapi dulu
gua pernah denger ada rumor diskusi 4 mata SBY dan BG(om gates),tapi
dari insider kontak gw kayaknya "materinya" belum sesuai yg
"di-impikan".