On Sun, Oct 16, 2005 at 09:57:22PM +0700, Budi Rahardjo wrote:
> 1. Program apa yang bisa digunakan untuk ngeprint PDF
>    2 halaman dalam satu kertas A4 (landscape).
>    Maksudnya supaya ngirit kertas kalau lagi mau buat draft.
>    Kalau PostScript dulu kayaknya ada.
>    OS: Windows (atau Mac OS X juga boleh)
>
>    Kalau nggak bisa dari PDF, dari program lain juga boleh.
>    misalnya dari wordprosesor.

Kalo printing systemnya pake CUPS (Mac OS X setahu saya pake ini),
udah disupport built-in, tinggal kasih parameter aja, e.g.

        lpr -o number-up=2 file.pdf

Selain itu bisa dicoba 'mpage'. Kalo di Windows pernah denger namanya
FinePrint (or something like that), tapi saya belum pernah cobain.
Tapi seinget saya dr Windowsnya sendiri (at least di XP) ada kok
option utk ngeprint N-up nya di properties waktu printnya, mungkin
tergantung driver printernya (?).

Ronny