On Fri, Nov 11, 2005 at 07:56:55PM +0700, Harry Sufehmi wrote:
> Di sebuah situs berita, harga iklan di frontpage nya JAUH lebih
> mahal daripada harga iklan di setiap halaman beritanya.

Ini memang sumber penyakitnya.

> Sebetulnya sih bisa dikompensasi dengan menaikkan harga iklan di
> halaman berita, but if it ain't broke, why fix it ?  :)

Hehe, menurut saya it *is* broken. Coba aja liat detik.com itu, atau
mending jangan dilihat deh, bikin sakit mata kalo gak ada Adblock.
Bikin komp jadi lambat juga. Hati2 melihat banyak gambar kedap kedip
begitu. Nggak baik buat kesehatan, nti bisa seizure.

Gara2 harga iklan di halaman depan mahal jadinya maksa maunya di
halaman depan semua. Gak yg beli gak yg jual semuanya maksa.

Untargeted, irrelevant ads are sooo 1997.

Apa gak ada business model yg lebih baik sehingga sampe skrg kayaknya
gak ada media online Indonesia yg bisa menandingi populernya
detik.com? Ya ya, populer ini subjektif sih dan saya gak punya
statistiknya, tapi silakan liat sendiri deh kenyataannya. Saya yakin
yg sebel sama interface detik.com bukan cuma saya. Lah wong ada
detik.usable segala gitu.

Ayo kita bikin seperti Google. Mulai dr interface yg simple dan bisa
digunakan. Gak usah fancy2. Just the news. Free. Usable. Professional
journalism. Kasih rss feed. Fokusin ke kenyamanan dan kepentingan
pembaca. Gak usah pake iklan dulu pertamanya gpp. Build the brand
slowly. Nti udah gede baru sisipin iklan secara smart (targeted by
topic/content) dan unobtrusive. Kalo udah gede, udah bisa buka harga
mahalan buat iklan, dan juga bisa maksa pembeli utk ikut aturan kita
(misalnya iklan mesti text only, no stupid flash animations). Seperti
Google. Ini kalo mau ikut2an. Kalo gak ya cari business model yg lain
lagi, gak usah iklan.

Hehehe... udah cukup ah ngomel dan mimpi hari ini, ngomong doang sih
enak.. :-)

Ronny