Muhamad Carlos Patriawan wrote:

> Bang Harry,
> kalau cisco kan sudah punya Cisco Academy program yang
> super-lengkap.Gak perlu re-invent the wheel.

Lupa menambahkan,kalo mau bikin SDM berkualitas yang expert di
networking mah sudah lumayan banyak di Indonesia,pusatnya mereka ada di
[EMAIL PROTECTED] Rata2 kalau mereka mau ambil jobs sebagai SE,TAC atau
DevTest di amrik ya *pasti* bisalah,kalau kualitas sudah bersaing koq
menurut saya.

Yang mungkin perlu dibuat lebih lanjut,SDM berkualitas yang jagoan
coding networks/socket.Nah kalau ini sebenarnya butuh peralatan
cisco,juniper etc sebagai tools,tapi untuk codingnya sendiri bisa
dibikin diatas linux/BSD.