halo friends,

sudah lama saya join di sini tapi baru skrg 'sempat' ikutan ngobrol.

1. munculnya weblogs.or.id patut disambut gembira. the more indo blog directory, the better. :)

2. tentang bentuk:
(a) idealnya kalau bisa seperti technorati: campuran blog direktori dan blog aggregator + search engine plus INKLUSIF (everyone invited).

(b) saya kurang sepakat dg blog dir. yg cenderung ekslusif (khusus teknologi, blog aja, etc etc) logikanya simple: blogger indonesia tak banyak, itupun tak semua paham pentingnya blog dir. membuat blog dir. eksklusif hanya akan membuat blogger indonesia yg topik blognya tidak masuk kriteria merasa "di luar golongan". dan pengkotak-kotakan blogger spt itu hanya akan menghambat laju pertumbuhan blogger indonesia secara umum dan weblogs.or.id khususnya.

(c) kalau tidak bisa seperti technorati, gabungan antara planet terasi (aggregator), forum dan blogcatalog (full-fledge) blog dir juga bagus.

(d). saya kira syarat utama untuk jadi member cukup satu: warga negara indonesia dan berkelakuan baik! :)

(e) Google friendly. dan registernya diusahakan as easy as possible (tidak manual).

Konsep filosofis technorati dalam 'meraup' member (= easy going) saya kira perlu dicontoh. tidak perlu 'jual mahal'. :)

salam,

A.Fatih Syuhud
http://afsyuhud.blogspot.com