Adjie wrote:
> Carlos,
>
> Mau,nambahin dikit, kalau mau jadi technocrat di technologia kayaknya
> harus sudah wajib membaca sejarah, karena  sudah tahu routenya mau
> kemana dan jadi apa.. bukanya planga-plongo.... heheheh

Setuju,seperti dimanapun,sejarah atau peradaban yang baik selalu
dimulai dari motivasi tinggi pada situasi chaos.

Yang penting jangan menyerah dulu dengan "sejarah" kalau "kita" tidak
punya sejarah yang bagus,apalagi menyalahkan sejarah :)

Kalau "route"nya mau kemana,saya sudah berikan hintsnya:

Pertama: "Industri strategis" yang bisa menghasilkan dependensi kepada
kita.

Kedua: Outputnya merupakan produk yang bisa diquantify
(tagible/intagible tidak masalah) dan menghasilkan profit kemudian
menyerap SDM (menyerap Paimin yang  PhD lulusan Inggris dan Paidjo yang
hanya S1 lulusan Universitas Mpu Senduk di SalaTiga). Industri IT harus
menyerap paling tidak top 3/4 dari piramid supply SDM.jangan hanya
menyerap kaum elitnya saja (para dosen misalnya).