Priyadi:
prestasi bikin duit sebanyak2nya gak sepenuhnya
berhubungan dengan prestasi bikin produk yang disukai konsumen.
konsumen lebih menyukai yang terakhir, sedangkan investor macam om carlos
lebih menyukai yang pertama :). konsumen reguler gak peduli kalau
perusahaannya bangkrut sekalipun asalkan produk yang dihasilkannya bagus.

Zap:
Sependapat... duit tuh dampak aja, jgn jadi-in indikator prestasi...
toh byk org berprestasi msh miskin2 aja gara2 teguh memegang prinsip...
percuma orang pinter kalo nipu khan? prestasi tuh cm sekedar achievement aja...
penghargaan jg sekedar rasa terima kasih aja khan... selanjutnya yg
kembali ke orangnya lg, mo dipake sendiri ato utk orang laen yg lebih
luas lg... jd jgn liat perusahaannya, tp liat orang2 yg
mengendalikannya... termasuk orang2 di belakang layarnya si jobs...

Carlos:
Sebaiknya threadnya gak usah terlalu jauh melebar pada hal yang
abstrak. Kita bikin saja singkatnya: 30 perusahan hitek R&D yang paling
sukses,silahkan diukur dengan parameter masing2 asalkan definitif dan
konsisten. Lalu kita lihat lagi,yang "benar-benar" kita kenal siapa ?? secara
personal,pendekatan bisnis,wawasan,bagaimana dia
mengembangkan,pre-kondisi.Jangan-jangan hanya "tahu" Microsoft dan
Apple doang (karena 'cuman' tahu operating system saja) ??? Padahal
sejak jaman internet berkembang, sudah banyak sekali inovatorlain yang
berkembang dan bertumbuh, yang kalau dipelajari melalu case study
mungkin  sekali applikabel untuk ditiru di Indonesia.

Zap:
No komen, setuju bgt... takut kl komen2 byk ntar dibilang jual iler...
percuma beraninya nato omdo alias mental jigong... Xixixi... So,
realnya gmn... kapan kita bikin, yuk ayuk... gw pribadi seh ga tau
perusahaan sekelas microsoft apalagi apple, tp kl operating systemnya
jelas pernah gw pake n diulik2 ampe dalemannya... termasuk yg dr sun,
linux, bsd, ato aix sekalipun...

Carlos:
Apa bedanya jika Mac mau menggunakan Intel sekarang dibanding 3 tahun
lalu atau 5 tahun lalu ? kenapa gak dari dulu ? sisi inovasi dan
strategisnya dimana ya ? ada yang bisa menjelaskan ? ...<cut>....
Saya melihat ada dua visi Steve Jobs yang menarik.
- Tech company: Apple
- Creative company: Pixar
Ini bisa dielaborasi lebih jauh lagi.
Dia memadukan kreativitas dan teknologi.
No. Dia *memaksakan*. Itulah hebatnya dia.

Zap:
waduh pertanyaannya sulit ya... kl gw seh tanya aja ke ceo aja, sukur2
dijawab... kl ga, mending orang dalem ukuran indo jg ga yakin maksud
perusahaannya... tp kl ngira2 ya silakan aja, kl analisis ku sih ya
simple karena duit... intel jauh punya harga drpd yg laen, kecuali mac
mo nembak pasar kelas bawah pasti beda lg ceritanya... Xixixixi... kl
bicara inovasi, pasti mac ga akan nyerang pasar pc yg mm udah keruh...
kl bicara strategis, pasti bicaranya abstrak seperti visi... gw no
komen lg, krn gw mm bukan pakar ngabstrak... kl misi jelas lah kudu
realistis, bukan jadul kayak pilpres bbm...

Ronald:
pertama kali liat kan tampang dulu, kalo tertarik
tampang, baru liat dalem-dalemnya. Kan "berawal dari mata...." :-)
Desain produk-produk Apple (apalagi setelah Steve Jobs) balik ke Apple
emang keren-keren banget. Bandingin coba, desain laptop iBook/PowerBook
dengan IBM Thinkpad, kayak bumi dan langit kan?

Zap:
ga juga ko... liat kembali segmennya, kl pasarnya ga jelas gmn mo nembak...
kl thinkpad mo buat untuk kongko2 gaya anak muda, pasti dibuat warna-warni...
kl iBook/PowerBook mo buat yg tahan banting, kenapa ga bikin yg dari
batu intan dan titanium bahkan sekelas campuran besi baja tahan peluru
martensit... Xixixixi...
kembali liat lg matanya, mo nipu ato mo mencerdaskan....

Ryo:
dari hasil baca2 sih, apple bangkit lagi itu memang sedikit banyak
akibat ipod, tapi juga ditambah faktor lain. ...<cut>.......
entah runtutan peristiwa di atas itu cuma kebetulan semua sehingga
patut disebut sebagai keberuntungan apple, atau memang sudah
distrategikan sejak awal....<cut>.......
jadi mengapa steve jobs? karena dia berani melakukan perubahan,
walaupun pada awalnya penuh resiko (seperti menghilangkan
eksklusivitas produk apple), tapi di jangka panjang lebih
menguntungkan.

Zap:
Betul...  mm faktanya dagang ya gitu, ga hy butuh strategi krn mm ada
faktor "luck" td...
mgk itu yg nyebabin adanya gap komersil, dan gw harap wajar aja selama
dalam persaingan sehat...
bukan saling sikut, trus nyari kambing hitam utk dikorbanin rame2...
dan luck itu ga bs dipelajari kecuali dengan berdoa... so jgn niru2 yg
ngga2, toh rasa iri itu manusiawi selama dalam koridor fakta...

cmiiw,
Zap

--
Dipo Prasetyo