On 1/28/2006 at 8:40 AM m. c. ptrwn wrote:
>Oh ya, kalo ngomong aspek keamanan sosial keamanan online transaction
>di internet ini harus komprehensip,masalahnya saya suka lupa metode
>msg(dulu suka nyatet) ,ada beberapa lagi hal yg bisa dilakukan bank
>untuk mencegah frauds (sebelum lupa nich)
>
>- additional password seperti 3 digits CC number dan buyer's zip code.
>
>- authentikasi via email ketika changing password, transaksi ke luar
>negeri , etc.
>
>- add small digits ketika nambah account (paypal,yahoo diatas,
>citibank) ... ini seperti yg bang enda ungkap

> [...]

Ini membantu banget, karena salah satu masalah CC terbesar adalah di copy pada
saat penggunaan di darat / bukan di Internet. Salah satu modusnya adalah
pertama kali kasir menggesek kartu di gesekannya dia sendiri. Lalu dia pura2
bingung karena kartu tidak authorized, kemudian digesek lagi, kali ini di
gesekannya yang sebenarnya. Tapi, data2 kartu kita sudah terlanjur ter-copy
duluan.

Adik saya kena modus ini, dan dia justru tahunya setelah diberitahu oleh
bank-nya, bahwa ada transaksi dia yang tidak lazim di kota yang lain. Jumlah
transaksinya sih kecil-kecil juga, cuma karena biasanya dia transaksi di
Birmingham, maka bank langsung memberitahu dia ketika ada banyak transaksi di
Manchester.

Tambahan yang dilakukan oleh bank saya:

1. Membagikan software Norton Internet Security dengan cuma-cuma. Tapi sekarang
sudah tidak lagi, mungkin mereka sudah sadar kalau software yang satu itu sucks
berat  :-)
2. Akses dari Indonesia (dan negara2 dalam black list) tidak bisa   :-(
3. Tidak bisa membuka multiple window

Salam,
Harry

Kirim email ke