Ronny Haryanto wrote:
> Resources banyak, dr mulai internet, buku, perpustakaan, lab komp,
> dsb. jadi yg model2 "how to" itu udah gak perlu diulang lagi oleh si A
> atau si B utk ngajarin. Tapi saya yakin kalo ada pertanyaan2 YANG
> SPESIFIK mengenai sesuatu yg sedang dipelajari itu si A dan si B tidak
> keberatan membantu. Nah utk bisa come up dg pertanyaan yg spesifik itu
> butuh inisiatif belajar.
>
> Kalo belum apa2 udah mengeluh resources kurang ini itu mah malu atuh
> sama yg di India, dan gak heran kalo ketinggalan sama mereka.

> Ya itu, karena semua pada nunggu lebih banyak yg contribute.

> [...]

Bener banget Ron.

Mau tahu cara belajar network yang simple dan menimbulkan curiosity ?

1. Install komputer
2. pasang ethernet
3. sambungkan ke internet
4. sniff traffic pake ethereal
5. browsing,baca email,newsgroup,etc
6. setelah 10 menit stop etherealnya
7. decode packet

8. baca deh tuh semua bits dan bytes di packet packetnya ... pelajari
satu satu dari Layer 2 , Spanning Tree Protocol , BPDU , IP , TCP
sampai UDP ... ini aja kalo mo dipelajari satu per satu gak bakal
selesai selesai :-)

Terus kalau sudah mengerti dikit , buku buku2 seperti "Socket
programming in Linux"
9. kirim packet dikit2 ... kirim spam .. etc kirim email ke bang
baskara via socket application yang kamu bikin sendiri

Entar kalo udah jago , langsung aja kerja buat cisco atau redhat
networking group.