Fatih wrote:
> saya stuju bgt sama rully. bahasa inggris menjadi sebab utama outsourcing
> subur.
> dlm kasus india, networking mereka (indian expats worldwide) menjadi faktor
> terpenting, tapi ini tdk mgkn terjadi tanpa kemampuan bahasa inggris di
> kalangan rakyat india-nya sebagai 'end-user' outsourcing itu sendiri..

Outsourcing ini mesti dibedakan juga.

Outsourcing untuk call center yang berhubungan dengan customer (apalagi
retail) jelas butuh orang yang "excellent" dalam aksen dan
conversation.

Tetapi, outsourcing untuk pekerjaan IT seperti sw development
*relatively* tidak membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang excellent,
cukup pada level "understandable saja" , disini banyak sekali orang2
China (mainland) dan Jepun/Korea yang kemampuan conversation/aksen
bahasa inggrisnya masih dibawah orang Indonesia..

Yang diperlukan dalam sw project outsourcing adalah middle man (project
manager) yang punya skill komunikasi yg bagus dan menjadi penyambung
antara developer, manajemen outsourcing company dan klien sehingga 3
pihak ini "synch" untuk progress/delivery updates.

Carlos