Ariya Hidayat wrote:
> Melongok balik diskusi terdahulu tentang paten, contoh yang lagi
> populer sekarang adalah antara RIM dan NTP soal BlackBerry. Akhirnya
> RIM mesti membayar $612.5 juta untuk settlement sementara kalau
> dilihat, paten yang diributkan pun sederhana dan tidak terlalu rumit.
> Ada kupasan ringkasnya di majalah IEEE Spectrum:
> http://www.spectrum.ieee.org/mar06/3087
>
> Ayo kita ramai-ramai ke kantor paten !

itulah salah satu bagian problema paten yang dulu saya sampaikan :

1. persh kecil filing patent tapi tidak mempunyai kemampuan untuk
develop produk
 (lalu kemudian sue persh yang bisa ciptakan produk berdasar paten
tersebut). contohnya ntp

2. persh besar yang abusing paten dengan cara membuat paten
sebanyak2nya dan tidak memproduksi barang untuk kemudian nge-sue persh
yg develop barang sejenis.

-mcp

Kirim email ke