Budi Rahardjo wrote:

> Lagi-lagi ini masih belum mejawab pertanyaan saya:
>    butuh berapa lama?

Menurut saya bahasa COBOL lebih sederhana dibandingkan
dengan bahasa Java. Berdasarkan pengalaman saya
developer berpengalaman bisa menghasilkan 150-250
baris code Java kualitas produksi per hari.

Tapi seperti yang dikatakan Joel Spolsky membaca code
lebih susah dibandingkan menulis code.
Itulah sebabnya maintenance developer itu normalnya
bukan junior developer.

Jadi kalau developer Java bisa menghasilkan
sekitar 200 baris code sehari maka mungkin
maksimum dia bisa baca 100 baris code sehari.

Nah dengan asumsi COBOL lebih sederhana maka
kita bisa berasumsi developer berpengalaman
bisa baca lebih dari 100 baris code COBOL per hari.
Jadi perkiraan kasar saya mungkin 200-300
baris code COBOL per hari.

Tentu saja "practice makes perfect"
sama seperti speed reading bisa di capai
dengan berlatih. Kalau developer tersebut
kerjanya cuma baca code pasti lama-lama bisa
lebih dari 200-300 baris per hari.
Rasanya 750-1000 baris per hari masih mungkin
dicapai asal sudah biasa.