 Anthony Fajri  wrote:
> Kmaren aku baca majalah (lupa judulnya), ada cerita sebuah perusahaan
> yang mulai mengirim karyawannya untuk berobat di India, karena ada
> pertimbangan efisiensi biaya.
> Ternyata segitu-nya hubungan amerika dan india, ato jangan2 HRD
> perusahaan itu dari India :

kalo yg dilakukan restructured hospital di Singapore adalah untuk
radiology saja, hasilnya scan di Singapore dikirim ke India.

Tapi untuk mengirim pasien ke antar negara dengan timezone yg berbeda
kok tidak masuk akal yah. Saya kemarin medevac orang tua saya untuk
Singapore Airlines aja kudu block 6 seat dan proses 4 hari, pakai Garuda
block 12 seats dan proses 10 hari. Oxygen tube yg dipakai inflight juga
pressurenya cuman bisa untuk 2 jam. Kecapekan di flight bisa jadi
pasiennya game over kalo kudu terbang 18 jam.

Mungkin yg anda baca itu majalah kesehatan Ayurvedic kali :P

Soal HRD, banyak HRD yg sekarang sudah ada di India. Region Asia Pacific
punya sekitar 800 employee, HRD-nya di outsource ke Hewitt, US company,
service based di Gurgaon, India.