Kalo boleh saya tau tuk mas Asrofi, aplikasi yang digunakan apaan
ya??. Apakah sudah pernah di benchmark sendiri aplikasi anda. Misal
nih untuk 1 koneksi ke database anda atau whatever aplikasi yang
dipakai sebelum ditumpangkan VPN, lihat bandwith yang dipakai. Kalo
bisa sama port yang dipakai berapa aja. Port perlu diketahui untuk
shaping bw dan security monitoring tentunya. Gunakan tools yang real
time untuk pengukuran misal iptraf. Katakanlah 1 koneksi anda butuh 16
Kb, maka anda tinggal mengalikan aja jumlah usernya. Kalo aplikasi
anda berhubungan dengan database, cek query sql anda. Seperti berapa
table yang diakses, hindari query menggunakan * soalnya dapat
memberatkan network. Seperti select * from tablex. Jadi anda nggak
berdiri sendiri tetapi harus kerja sama dengan DBA dan programmernya
kalo mau network yang ringan dan tepat sasaran. Sedangkan untuk VPN,
tinggal pilih layer dan enkripsinya. Semakin secure enkripsi (baca
jumlah bit encryption besar) yang dipilih maka header tambahan juga
besar. Kalo header tambahan besar maka barang tentu network juga
berat. Beberapa cabang kecil saya pakai VPN dengan database MS SQL
dibelakang servernya koneksi menggunakan dial up masih enjoy aja tuh.

Untuk mas anthony....

IIX 1 MBPS perasaan hanya untuk jkt aja paket kayak gitu. Soalnya IIX
nya khan dijkt jadi ISP nggak kulakan (nggak modal) untuk koneksi IIX.
 Ngimana kalo cabangnya ada yang diluar jkt.

Semoga membantu

Aris Wendy

--- In TPoTC@yahoogroups.com, "Anthony Christiaan" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Wireless, ambil koneksi IIX 1mbps, dijamin murah dan lancar

vsat, FO,