Assalamu'alaikum wr.wb.

Perkenankan saya menyambung lontaran ide dari mas Nuim, berdasarkan
pengalaman merintis dan mengelola Astro Oasis, saluran televisi keluarga
bermuatan Islami di Indonesia, sejak September tahun lalu:

- jangan bergantung pada pemerintah untuk memulai gagasan ini

- TV bermuatan Islami bisa hidup di Indonesia secara komersial, karena ada
kebutuhan untuk memperoleh tayangan yang Islami. Jumlah penonton 'Ayat-ayat
Cinta' yang mencapai sekitar 3,5 juta orang bisa menjadi perkiraan kasar
berapa potensi penontonnya. Jumlah ini cukup bagi platform televisi satelit
berbayar nasional, televisi terestrial lokal atau televisi terestrial
komunitas, tapi tidak cukup untuk televisi terestrial nasional yang
membutuhkan biaya operasi besar, sehingga butuh jumlah penonton puluhan juta
orang supaya bisa survive.

- Sebelum mulai, akan sangat membantu untuk melakukan research guna
mengetahui apa yang dibutuhkan oleh target audience. Dalam kasus Astro
Oasis, misalnya, kami menemukan bahwa secara umum target audience
menginginkan hiburan dan pengajaran yang Islami. Ini berdasarkan
quantitative research di lima kota dengan 1000 responden dari keluarga
Muslim menengah ke atas (pengeluarannya di atas Rp.750 ribu setelah sandang,
pangan, papan, pendidikan dan cicilan utang rutin) dan focus group
discussion dengan selected groups dari kelompok yang sama. Kelompok
masyarakat yang berbeda akan punya kebutuhan yang berbeda, jadi peluang
masih sangat terbuka.

- hasil riset ini akan sangat membantu untuk menyusun business strategy,
termasuk programming, marketing, financial serta distribution. Business
strategy ini akan menjadi bahan untuk menyusun business investment proposal.

- Dengan business investment proposal yang kuat, insya Allah akan lebih
mudah mencari investor, baik dari dalam maupun luar negeri. Fyi, Astro Oasis
didirikan semata-mata dengan alasan komersial, yaitu melayani keluarga
Muslim menengah atas yang terus berkembang di Indonesia.

- Akan lebih mudah jika televisi-televisi bermuatan Islami ini disiapkan
untuk target audience tertentu (niche market). Mengharapkan mass audience
untuk program-program televisi bermuatan Islami pada saat ini saya rasa agak
berlebihan, walaupun bukannya tidak mungkin seiring dengan berjalannya
waktu.

- Tantangan berikutnya adalah menyiapkan program-program sesuai dengan apa
yang diharapkan target audience. Bujet penting, tapi bukan segala-galanya.
Dengan kata lain, biaya program yang mahal belum tentu menghasilkan program
yang bagus dan sebaliknya. Tapi program yang bagus memang membutuhkan bujet
dalam jumlah tertentu.

- Mengoperasikan stasiun televisi membutuhkan kerjasama dari berbagai
keahlian, mulai dari keuangan, legal, operasional, produksi, promosi,
pemasaran hingga transmisi dan distribusi. Pastikan memperoleh orang-orang
yang tepat untuk posisi-posisi kunci ini. Jumlah sumber daya manusia yang
tersedia pada industri televisi di Indonesia masih relatif kecil
(perkiraannya 10 ribu hingga maksimal 15 ribu orang) tapi jumlah mereka yang
punya ketrampilan tinggi, pengetahuan cukup dan pengalaman yang memadai jauh
lebih sedikit, apalagi yang memiliki komitmen pada Islam. Selalu terbuka
kemungkinan merekrut orang baru, tapi harus bersabar dengan prosesnya.

- stasiun televisi bukanlah tipe 'quick-yielding business' jadi investor
harus mau bersabar paling tidak lima tahun untuk pengembalian investasinya.
Ini juga bisnis yang membutuhkan modal relatif besar, tergantung pada banyak
hal: luas jangkauan, sistem transmisi, teknologi  yang digunakan dll.

Seingat saya, diskusi tentang televisi Islami sudah berlangsung lebih dari
satu dasawarsa. Semasa Habibie berkuasa, kita sempat mendengar tentang
stasiun televisi 'Iftihar' tapi kemudian lisensi siarannya dijual dan kini
menjadi GlobalTV. Lepas dari berbagai faktor eksternal yang ada pada saat
itu, saya juga mendengar beberapa kabar tak sedap tentang salah-kelola
proyek ini. Sebagian kawan mestinya juga pernah mendengar tentang ar-Rahman
channel yang sempat mengudara satu bulan melalui satelit. Mereka punya
sekitar 700 jam program, yang semuanya terdiri dari ceramah dan talkshow.

Insya Allah Astro Oasis belajar dari berbagai pengalaman ini. Alhamdulillah,
selama sembilan bulan siaran, banyak tanggapan yang bagus. Kami sekarang
punya lebih dari 1000 jam program dari berbagai jenis, mulai dari informasi,
pendidikan, gaya hidup serta drama/film. Sebagian kecil video clips-nya bisa
dilihat di http://youtube.com/user/astrooasis. Alamat website Astro Oasis:
http://www.astro-oasis.com

Sepengetahuan saya, MQTV di Bandung juga beroperasi sebagai televisi
bermuatan Islami, dengan siaran terestrial gratis di Bandung dan sekitarnya.
Beberapa hari lalu saya ditelepon seorang kawan yang sedang menyiapkan
siaran televisi Islami berbasis satelit tapi gratis untuk seluruh Indonesia.
Pemodalnya dari Timur Tengah. Ia sedang mencari direktur operasional. Detil
deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan akan saya posting kemudian.

Semoga bermanfaat.
Allahu'alam bi sawab
Salam
--