Betul, pak Sapto. Sungguh mengagumkan bahwa di tengah blokade dan
keterbatasan, Hamas masih bisa mengoperasikan al Aqsa TV, meski kini mungkin
mereka kesulitan memancarkan siarannya karena fasilitas penyiaran al Aqsa
termasuk yang dibom Israel pada hari pertama serangan.

Tapi juga jangan terlalu pesimis dengan apa yang sudah dan bisa kita
kerjakan. Di bawah ini saya teruskan tulisan 'Membuat Televisi Islami? Bisa'
tentang pencapaian Astro Oasis selama setahun siaran. Tulisan ini saya buat
atas permintaan majalah Madina ketika mereka menulis tentang media siaran
Islami dan diterbitkan pada edisi Desember.

Astro Oasis kini sedang tidak siaran dulu sambil menunggu platform yang
baru. Sebagian klip-nya bisa dinikmati melalui situs:
http://www.astro-oasis.com. Tulisan ini juga bisa dilihat di-attachment.

Satu pelajaran penting yang bisa diambil dari Palestina adalah semangat
untuk tetap berusaha, dalam kondisi sesulit apapun. Mungkin kita di sini
terlalu dimanjakan oleh kemapanan dan berbagai pertimbangan jadi belum bisa
segesit mereka.

Tetap semangat, pak!
Salam
--
Tomi Satryatomo
http://www.trekearth.com/members/wisat

"We shall build good ship here,
at a profit if we can,
at a loss if we must,
but... always a good ship."

2009/1/8 sapto waluyo <swaluy...@yahoo.com>

>  trims pak tomi atas info berharga,
> setelah lama tak sempat membaca ulang dokumen palestina, krn kerepotan di
> tanah air, saya terkejut. krn perjuangan saudara-2 kita di gaza tak cuma
> lewat senjata, tp juga lewat media massa. hamas sebagaimana hizbullah punya
> pemancar teve sendiri, dengan program cartoon utk anak & dewasa. saya tak
> takjub, malu pada diri sendiri, krn kreativitas mereka yak bisa dibendung
> oleh isolasi zionis. sementara kita di negeri yg aman tenteram ternyata
> kehilangan kreativitas dgn mengandalkan grup band gigi & coklat utk
> [...]

Televisi Bermuatan Islami di Indonesia? Bisa.

*"Iya, kehilangan astro oasis nih. Mau apply tv kabel lain tp gak ada siaran
islaminya, mending nggak deh, walaupun dah lirik2 tapi aku masih mau setia
sama astro."*

Komentar senada mengalir lewat sms, email maupun telepon menyusul berhenti
siarannya Astro Oasis, pada bulan Oktober lalu.

 Mereka pantas kecewa. Dalam jagat pertelevisian Indonesia, praktis hanya
Astro Oasis yang menyajikan program-program bermuatan Islami selama 24 jam,
tujuh hari sepekan, sepanjang tahun secara nasional.
Respon Positif

Sejak siaran pertama menjelang Ramadhan 2007, Astro Oasis mencatat kenaikan
jumlah penonton secara konsisten. Dalam survei terakhir yang dilakukan PT.
Direct Vision pada periode 5 Agustus-5 September 2008 terhadap para
pelanggan TV berbayar Astro, penonton Astro Oasis naik 163% dari survey
periode sebelumnya, melampaui jumlah penonton *documentary channel* seperti
National Geographic, *news channel* seperti CNN, serta *music
channel*seperti MTV Asia dan Channel V, meski masih kalah dari
*Hollywood movie channel* seperti HBO.

Tentu saja jangan bandingkan jumlah penonton layanan televisi berbayar ini
dengan jumlah penonton televisi gratis dari sembilan stasiun swasta nasional
yang jauh lebih besar. Pelanggan televisi berbayar umumnya datang dari
kalangan menengah ke atas, yang bersedia membayar untuk bisa memperoleh
kualitas dan jumlah tontonan yang lebih baik. Perusahaan riset  AGB Nielsen
Media Research mencatat pelanggan televisi berbayar sebanyak 1,34% dari
total jumlah rumah tangga pemilik televisi (TV household) pada tahun 2007,
naik hampir empat kali lipat dari tahun sebelumnya.

Dari segi kepemirsaan (*viewership*), mayoritas penonton Astro Oasis berasal
dari kelompok dewasa muda, dengan jumlah penonton wanita yang sedikit lebih
banyak dari penonton pria.

Walaupun bermuatan Islami, Astro Oasis tidak hanya dinikmati kaum Muslim.
Hampir 20 persen penontonnya datang dari berbagai agama lain.

Sampai Oktober 2008, Astro Oasis merupakan saluran televisi keluarga pertama
dan satu-satunya yang bermuatan Islami, yang mengudara secara nasional, pada
*platform *layanan televisi berbayar Astro. Di Bandung dan sekitarnya,
tayangan program-program Islami dapat dinikmati melalui MQTV, stasiun
televisi lokal yang mengudara melalui pemancar terrestrial secara gratis.
Televisi ini dikelola grup usaha Darut Tauhid milik ulama KH. Abdullah
Gymnastiar. Sepengetahuan saya, tayangan program-program Islami dipelopori
antara lain oleh ar-Rahman channel, yang mengudara melalui satelit dan dapat
dinikmati dengan gratis melalui parabola, pada tahun 2001. Saluran televisi
ini dikelola oleh pasangan pengusaha Budiman P. Sophian dan Erry Prabowo,
dengan sasaran terutama komunitas pesantren. Setelah sempat mengudara selama
beberapa bulan dengan sekitar 700 jam siaran, saluran ini berhenti
bersiaran.
Berdasarkan Survei

Manajemen PT. Adi Karya Visi menggulirkan gagasan membuat *Islamic
channel*pada awal tahun 2007 dengan alasan komersial: menangkap
peluang dari
pertumbuhan pesat kelompok Muslim menengah ke atas, perkotaan. Meski tidak
ada data statistik yang bisa dengan mencerminkan pertumbuhan kelompok ini,
menjamurnya sekolah-sekolah mahal berbasis Islam, ramainya umroh serta ONH
plus, serta tumbuhnya berbagai butik busana Muslim –termasuk dari para
perancang busana non Muslim—menjadi tanda-tanda kasat mata tentang kuatnya
daya beli kelompok ini.

Langkah pertama adalah membuat survei pada kelompok-kelompok masyarakat yang
diperkirakan menjadi *potential target audience* saluran televisi ini, yang
dikaitkan dengan *target market* dari jasa layanan televisi berbayar, yaitu
kelompok menengah ke atas, berpendidikan minimal SMA dan tinggal di wilayah
perkotaan. Survei dilakukan baik secara kuantitatif, di lima kota besar
Indonesia, dengan 1.000 responden maupun kualitatif dengan teknik *Focus
Group Discussion*.

Pada dasarnya, kedua survei ini mengajukan pertanyaan dasar: apakah anda mau
menonton saluran televisi bermuatan Islami? Jika iya, saluran seperti apa
yang anda kehendaki. Ini memberi kami peluang untuk mengetahui apa-apa yang
calon penonton inginkan, mulai dari jenis program, hingga warna, musik
hingga tipikal pembawa acara yang mereka sukai.

Dari hasil survei ini, kami menemukan bahwa penonton yang menghendaki
saluran televisi bermuatan Islami jumlahnya signifikan dan mereka sampai
pada tahap mau berlangganan sekiranya ada jasa televisi berbayar yang
menyediakan saluran televisi ini. Kebutuhan dasar mereka ada dua: sebagai
tempat untuk belajar, terutama hal-hal yang praktis seperti berbusana,
menata rumah dan mengelola keuangan; serta sebagai sarana pendidikan bersama
anak.

Tapi, mereka tidak ingin diceramahi. "Saya sudah dengar ceramah di masjid,
di pengajian, jadi saya tidak mau nonton ceramah lagi di televisi," kata
salah seorang peserta FGD. Mereka juga menginginkan sajian yang berisi, tapi
dikemas dengan cara yang menarik dan menghibur. Yang juga menarik, mereka
menginginkan penyajian yang berakar pada nilai-nilai budaya Indonesia.
"Islam kan *gak* selalu berarti Timur Tengah," kata salah seorang responden.

Berbekal semua masukan ini, kami kemudian menetapkan bahwa semua tayangan di
saluran ini harus mengandung tiga unsur dasar: Islami, Indonesia dan segar.
*Positioning*-nya ditetapkan sebagai saluran keluarga bermuatan Islami,
bukan sebagai saluran agama Islam, karena itu berada di luar kapasitas kami.
Nama 'Oasis' dipilih dengan harapan saluran ini bisa menyejukkan siapapun
yang menontonnya, sedangkan nama 'Astro' diletakkan karena disiarkan melalui
platform layanan televisi berbayar Astro, yang lisensinya di Indonesia
dipegang oleh PT. Direct Vision.
Tantangan

Semua ini menjadi tantangan tersendiri. Saya, yang sejak awal 2007
ditugaskan berkeliling ke beberapa *international TV market*, sulit
menemukan program-program bermuatan Islami yang memenuhi semua kriteria di
atas. Program pertama yang saya temukan justru diproduksi oleh rumah
produksi di Korea Selatan, berupa program dokumenter tentang masyarakat
Muslim di berbagai negara. Setelah itu, saya menemukan beberapa program
dokumenter dari berbagai negara lain, termasuk Malaysia. Dari kawasan Timur
Tengah, pad saat itu, malah tak ada program yang sesuai karena satu-satunya
distributor dari Dubai malah menawarkan program musik a la MTV –lengkap
dengan tampilan yang serba terbuka.

Tapi seiring berjalannya waktu, terbuka jalan untuk mengidentifikasi
program-program bermuatan Islami dari berbagai sumber. BBC, misalnya,
membuat sejumlah program dokumenter yang menarik, termasuk menelusuri
sisa-sisa peradaban Islam di Andalusia, serta seri tentang bagaimana enam
orang melakukan puasa Ramadhan mereka yang pertama di sebuˆah madrasah sufi
di Spanyol. Sebuah rumah produksi di Jerman membuat dokumenter tentang
Muslim di pedalaman Cina. Rumah produksi yang lain di Inggris membuat *reality
show* membuat dokumenter tentang pengalaman seorang gadis Inggris yang masuk
Islam dan bagaimana kemudian ia berinteraksi dengan keluarga serta
lingkungannya. Sama-sama dari Inggris, sebuah rumah produksi membuat *reality
show *tentang bagaimana sekelompok penduduk di sebuah kota kecil yang
sepenuhnya kulit putih dan Kristen mencoba hidup secara Islam dalam dua
pekan.

Di Cannes, Perancis, berbekal data yang saya dapat dari MipDoc, ajang
pameran filem-filem dokumenter, saya membuat janji dengan seorang Arab.
Mengira akan bertemu dengan lelaki, saya terperanjat ketika orang yang saya
temui ternyata seorang wanita muda yang modis dan menarik, dengan rambut
dicat pirang. Ia menawarkan koleksi program dari rumah produksinya di Dubai
yang kualitas produksinya tak kalah dengan buatan Eropa atau Amerika
Serikat. Topiknya mulai dari jejak para Rasul hingga fenomena Arabizzi (*
Arabic-English*) yang melanda anak-anak muda Timur Tengah. "*I know what you
are looking for*," katanya tersenyum riang, "*and you should sign the deal
in Dubai*". Ia kemudian mengirimi saya katalog berisi ratusan jam program
dokumenter maupun hiburan.

Kesempatan untuk berkunjung ke Iranian Film Market di Teheran pada bulan
Februari 2008 membuka peluang baru tentang produksi dokumenter dan filem
dari negeri ini, demikian pula kunjungan ke salah satu stasiun televisi di
Istanbul, Turki.

Di dalam negeri, tantangannya juga besar. Karena kami tak punya fasilitas
produksi, maka kami membayar rumah produksi untuk memproduksi program bagi
kami, sesuai dengan konsep kreatif serta standar teknis produksi kami.
Konsep ini dikenal dengan nama *commissioning* dan populer dilakukan di luar
negeri karena efisien, baik dari segi biaya maupun sumber daya manusia,
sekaligus menumbuhkan industri rumah produksi dan industri ikutannya
–persewaan alat, studio dan lain-lain.

Ketika mendengar tentang *Islamic channel*, sebagian besar rumah produksi
mengajukan proposal program berupa ceramah dan *talkshow*. Butuh lebih dari
enam bulan untuk meyakinkan rumah-rumah produksi bahwa program-program
bermuatan Islami bisa dibuat dengan segala macam format, baik bersifat drama
maupun non-drama, mulai dari *talkshow*, ceramah, dokumenter, animasi,
hingga *reality show*, *game show* hingga sinetron. Alhamdulillah, dengan
rentang pilihan format yang luas, rumah-rumah produksi berlomba-lomba
mengajukan aneka desain program yang kreatifitasnya kadang tak terbayangkan.
Ada hampir 20 rumah produksi yang kini bekerjasama dengan kami.
Ragam Program

Bersama mereka, Astro Oasis kini punya lebih dari 1000 jam program, yang
terbagi atas empat kategori besar: gaya hidup (busana, rumah, penataan
keuangan, makanan dan seterusnya), hiburan (termasuk musik, sinetron dan
filem), informasi (termasuk dokumenter) serta pendidikan (termasuk program
tafsir Qur'an, program anak dan sejenisnya). Dalam tiga tahun, rencananya
jumlah jam siaran ini akan bertambah sampai 3400 jam. Gaya hidup dan hiburan
mendapat porsi yang lebih besar (60%), karena dua kategori program ini
relatif belum banyak digarap, sementara kebutuhannya besar.

Astro Oasis juga membuat *filler/ interstitial*, yaitu program berdurasi 30
detik sampai 2 menit yang berisi pesan-pesan pendek dengan tema-tema
tertentu. Dengan bantuan ahli pendidikan anak Elly Risman, misalnya, kami
membuat sejumlah filler bertema *parenting*. Tema-tema lain sedang
dipersiapkan.

Sejak awal, manajemen menetapkan standar kualitas teknis yang mengacu pada
standar internasional, dengan kesadaran bahwa semua program ini harus bisa
dijual ke pasar global. Ini bukan perkara mudah bagi kebanyakan rumah
produksi, karena biasanya mereka bekerja dengan standar yang tidak setinggi
ini. Tapi alhamdulillah banyak dari mereka yang kemudian berterima kasih
karena punya kesempatan meng-*upgrade* standar produksinya. Karena formatnya
sudah digital, maka program-program ini bisa dengan mudah dikonversi ke
berbagai platform, mulai dari televisi berbasis internet (IPTV) hingga media
selular.

Berkembangnya Astro Oasis juga merupakan buah dukungan dari berbagai pihak.
Ketua MPR-RI Hidayat Nurwahid langsung menyediakan waktu untuk memberikan *
endorsement* (dukungan) dalam bentuk iklan televisi, bersama Ketua Komisi
Penyiaran Indonesia Sasa Djuarsa Senjaya dan beberapa tokoh lain. Sutradara
Chaerul Umam bersedia duduk sebagai penasihat bersama ahli pendidikan anak
Elly Risman, Ketua MUI Said Budairy, aktivis media Azimah Soebagyo serta
dosen UIN Madar Hilmy.

Ahli keuangan Islam Syafe'i Antonio menjadi pembawa acara 'Agenda Syariah',
mantan peragawati Ratih Sanggarawati dan Okky Asokawati mengasuh acara
tentang tips berbusana Muslimah, sedangkan artis Rina Gunawan menjadi
pembawa acara talkshow 'Puan' menggantikan Sandrina Malakiano. Ketua Komisi
Fatwa KH. Ma'ruf Amin menjadi narasumber untuk acara 'Wisata Halal' dengan
pembawa acara Lola Amaria, sedangkan pengasuh pondok pesantren Roudlatut
Thalibin, Rembang, KH. Mustofa Bisri membawakan kisah-kisah hikmah dari
pustaka kaum sufi.

Wajah artis Inneke Koesherawaty bertebaran di berbagai promo Astro Oasis
karena ialah ikon saluran televisi ini. Inneke dipilih berdasarkan
survei '*brand
personality*'. Namanya muncul diurutan paling atas baik dari responden
laki-laki maupun perempuan ketika mereka ditanya siapa yang paling tepat
mewakili citra Astro Oasis.
Puas? Ya dan belum.

Ya, karena alhamdulillah kami bisa mengatasi tantangan produksi guna
menghasilkan program-program bermuatan Islami yang menarik dan segar. Ini
sekaligus membuktikan bahwa menyajikan tayangan-tayangan bermutu yang Islami
juga bisa laku secara komersial. Beberapa distributor luar negeri mulai
minta contoh program kami, karena memang di dunia internasional tidak banyak
tersedia program bermuatan Islami, terutama yang berkaitan dengan gaya hidup
dan hiburan.

Belum, karena jalan masih panjang. Masih banyak masyarakat Indonesia yang
belum tahu tentang Astro Oasis. Perlu lebih banyak upaya promosi dan
publikasi, baik melalui berbagai media maupun aktifitas (*ground events*).

Tapi di sisi lain, saya menduga bahwa tayangan-tayangan seperti Astro Oasis
–betapapun menghiburnya-- memang lebih cocok untuk penonton di ceruk (*niche
*) pasar tertentu, yang memang sudah sampai tahap membutuhkan tayangan yang
lebih bermutu untuk diri serta keluarganya dan bersedia mengeluarkan uang
untuk itu.

Tantangan ke depan adalah terus 'membaca' perkembangan kebutuhan dari
kelompok-kelompok pemirsa ini dan kemudian dengan kreatif menyajikan
program-program yang bisa memenuhinya. Memang tidak murah, tapi berdasarkan
pengalaman, bukan dana yang sering menjadi kendala, tapi kurangnya
kreatifitas dan kerja keras yang lebih banyak menyumbangkan kegagalan.

*Tomi Satryatomo*

*Penulis kini mengelola channel Astro Oasis. Sebelumnya menjadi wartawan di
SCTV (1996-2000), di TransTV (2000-2005) dan di Astro Awani (2005-2007).
Tulisan ini tidak mencerminkan kebijakan perusahaan PT. Adi Karya Visi
tempat penulis bekerja dan sepenuhnya menjadi tanggungjawab pribadi penulis*

Bagi yang ingin menyumbang untuk pendirian TV Komunitas Madani Depok bisa
transfer ke:
Bank Syariah Mandiri KCP Margonda Depok.  No. Rek. 0670010778 a.n BURSA AMAL
MADANI
Mohon konfirmasi nama, besar sumbangan, tanggal ke: agusniz...@yahoo.com.sg
Contact Person: pak Hafiz 021 92805591 / 08128508057, Al Qudwah, Jl Beringin,
Jl. Margonda Raya Depok
http://islamicbroadcasting.wordpress.comYahoo! Groups Links

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional