Ikut komen ya...

Secara SDM orang Indonesia tidak kalah bahkan dengan para animator Holywood
sekalipun...

Hanya mentalitas dan dukungan terhadap industri animasi yang masih kalah jauh...

Dari pada harus cape-cape buat dengan harga yang mahal, lebih baik beli dengan
harga yang murah...

Inilah mentalitas bangsa kita yang lebih senang dengan business yang 'fastcash'
dari pada yang 'longterm'.

Di Indonesia, untuk buat seperti Ipin dan Upin setidaknya ada beberapa kendala :

1. Tidak di dukung oleh pemerintah

2. Tidak di dukung oleh perbankan (saya jamin 300% tidak akan ada bank di
Indonesia yang mau investasi untuk usaha animasi..lebih baik bertani saja...)

3. Tidak banyak dukungan dari para investor di indonesia... karena secara
"business" usaha ini kurang realistis....

4. Pengusaha TV lokal & Nasional lebih suka untuk membeli produk luar yang
lebih murah ketimbang produk nasional yang relatif lebih mahal.

5. Film Islami apalagi, walaupun saat ini drama-drama islam sedang naik
daun..tapi tetap tema islami dalam ranah industri 'terkadang' masih dipandang
sebelah mata...

Tapi jika datang pertolongan Allah.....semua akan menjadi lebih mudah...Insya
Allah