kang jalak, jigana mah pt kai teh kudu dibalikeun ka pjka.
kuring manggih komentar nu narik kur dieureunkeunna ka parahyangan ieu. ti
milis jalansutra, kieu cenah:

Buat saya, kisah kereta Parahyangan adalah kisah klasik karut marut (kacau
beliau)-nya perusahaan BUMN pelayanan publik di Indonesia. Dulu, kereta
Parahyangan jadi primadona hubungan Jakarta-Bandung. Tiket sampai
ngemis-ngemis, berdiri pun dijual. Tapi, saya ingat, PJKA selalu laporan
keuangannya merugi! Padahal, saya kebayang untungnya menjalankan rute
Bandung-Jakarta yang gemuk ini. Dengan berbagai alasan, toh akhirnya rugi.
Selain Argo Gede, perbaikannya pun nggak kerasa. Kecoak tetap ada, jendela
masih pake crank shaft hehe. Bahkan double track sampai Bekasi saja susah.
Kemana semua uang penumpang KA Parahyangan waktu itu? Begitu jalan tol jadi,
makin parahlah kondisinya, sampai-sampai sekarang harga Parahyangan
dibandrol dibawah harga transport seperti XTrans yang Rp 50.000,- seorang.
Dan, secara bisnis sudah pasti prediksinya: cepat atau lambat kereta ini
bakal mati sendiri.

Itulah yang membuat saya heran waktu pertama kali pergi ke Austria dari
Bandung. Saya terkagum-kagum melihat kereta Austria dari Oebb
(Oesterreichische Bundesbahn), yang double-decker, dengan pintu hidrolik,
sepi setengah mati di dalamnya, dengan lukisan musang karena kereta ini
bernama 'Wiesel'. Saya pikir, kan tiketnya mahal, dan pasti penuh keretanya,
jadi perusahaan keretanya bisa untung. Gak taunya, kereta yang melayani
jalur Vienna - Muerzusschlag (kira-kira Jakarta-Bandung jaraknya) itu sepi
setengah mati! Tak jarang saya sendirian duduk di kereta yang kosong
melompong. Halah, kalau Parahyangan yang penuh saja rugi dan gak bisa
dibagusin keretanya, ini di Austria kok sepi tapi bagus? Gimana caranya? Gak
tau deh.

Waktu ke Jepang, lebih hebat lagi keretanya. Dosen saya di UI yang orang
Jepang, bercerita tentang bagaimana JR atau Japan Raiways 'terpaksa' membuat
kereta peluru yang supercepat karena bersaing dengan Japan Airlines atau
JAL. Bayangkan, kereta disuruh balapan dengan pesawat terbang di jalur Tokyo
- Osaka! Ada beberapa keuntungan dan kerugian, misalnya pesawat terbang
lebih cepat tapi bandaranya jauh dari kota dan waktu tunggunya lama.
Sementara kereta kecepatannya sama dengan pesawat (kereta shinkansen), tanpa
waktu tunggu dan langsung ke tengah kota! JR tidak bilang 'wah maaf kita
merugi dan kalah saing dengan pesawat jadi kita tutup saja jalurnya'. Tapi,
mereka bisa bersaing!

Kalau ada yang berdalih yaaa itu kan Jepang, negara maju, Austria juga
jangan dibandingkan dengan Indonesia dong! Jawabannya adalah Cina! Jangan
bilang Cina negara maju, tahun 1980-an waktu kita sudah membangun jalan tol
mereka masih kena bencana kelaparan. Nah, sekarang perkeretaapian Cina maju
pesat, bahkan melebihi Jerman. Cina mengoperasikan Maglev atau kereta dengan
levitasi magnetik untuk publik, dengan rute Shanghai - Pudong airport.
Konon, jalur ini akan diperpanjang sampai ke Suzhou. Sekarang saja, jarak 30
km ditempuh dalam 8 menit. Apalagi kalau ke Suzhou! Dan, baru-baru ini kalau
nggak salah diresmikan kereta peluru berteknologi Perancis dari Shanghai ke
Wuhan. Bentuknya sudah mancung hidungnya, nggak kalah sama TGV dari
Perancis...

Kalau kita masuk ke stasiun kereta di kota-kota kecil di Cina seperti
Kunshan, maka pemandangannya gak beda jauh dengan stasiun kereta di
Indonesia. Stasiunnya memang besar sekali bangunannya dan penuhnya bukan
main, karena kereta adalah andalan utama transportasi jarak jauh di Cina.
Belum sampai standar Eropa-lah. Tapi, kenapa Cina bisa mengembangkan
perkeretaapiannya begitu cepat, sementara KA Parahyangan saja ditutup? Ya
mungkin masalahnya lagi-lagi di mental para pelaksananya. India saja, yang
paling jeblok kereta apinya, kini sudah mulai berbenah dengan konsep 'biar
jelek milik sendiri' dan 'biar bobrok asal jalan'. Toh, mereka sudah
berpikir ke depan dengan mulai memperbaiki stasiun dan membangun subway di
New Delhi. Bagaimana dengan kita? Jawabannya rasanya tergantung kita - apa
kita mau apa enggak, punya subway, atau punya kereta bagus, begitu, hehe

Satu lagi, soal kereta DB atau Deustche Bahn yang dianggap sebagai 'mbahnya'
kereta api dunia (bayangkan: DB bisa membeli saham Schenker, salah satu
maskapai perkapalan terbesar di dunia! Kebayang gak PT Kereta Api membeli PT
Indofood, kayak Para Grup membeli Carrefour?). Waktu pesan tiket DB lewat
internet, ada satu kategori yang disebut 'Ruhe-Abteilung' atau 'bagian
sunyi' begitu. Nah, saya nggak ngerti maksudnya apa. Tapi, teman saya yang
orang Indonesia pernah memesan tempat di 'Ruhe-Abteilung' ini, yang memang
didesain sampai sangat sepi, jeglekan roda tidak terdengar sama sekali. Dia
sedang enak2 menikmati musik dari headphone iPod-nya, ketika dia ditoel oleh
seorang ibu di depannya. "Would you mind reducing the volume of your music?
I am disturbed by it" katanya. Wuih!

Cheers

-Harnaz-

--