Saya juga baru tahu bahwa perdebatan nabi/rasul perempuan ini
ternyata sudah ada sejak jaman dulu di Kitab Kuning. Kata 'rijalan'
menurut artikel tsb:

"Kata rijalan di sini diartikan laki-laki meskipun kata rajul juga
bisa berarti simbolik sebagai seseorang yang memiliki keutamaan,
entah itu laki-laki atau perempuan. Laki-laki secara genetik disebut
al-dzakar. Kata al-rajul sepadan dengan kata men dan al-dzakar
dengan male dalam bahasa Inggris."

Jadi rijalan itu asosiasinya generik "orang, manusia, men",
aplikabel ke laki-laki maupun perempuan.

Kalau saya sendiri percaya tentang kenabian/perempuan lantaran
kajian antropologi, arkeologi dan ditambah lagi dengan sejarah
evolusi manusia.  Make sense saja bagi saya. Kalaupun Quran dipahami
seperti itu 'rijal adalah jenis laki-laki saja', ini karena Nabi
Muhammad memang hidup di jaman peralihan dari Dunia Lama ke Dunia
Baru.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "muizof" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Mbak Mia,
>
> Kalau merujuk qur'an, maka rasul itu disebutkan secara textual
> berjenis kelamin laki-laki (rijaalun), paling tidak bila dirujuk
dari
> qs Yuusuf: 109 "Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang
> laki-laki yang kami berikan wahyu kepadanya diantara penduduk
negeri.
> Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana
> kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul) dan
> sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang
> [...]

Would you Help a Child in need?
It is easier than you think.
Click Here to meet a Child you can help.
http://us.click.yahoo.com/sTR6_D/I_qJAA/i1hLAA/aYWolB/TM

WM FOR ACEH
Bantu korban bencana gempa dan tsunami di Aceh dan Sumatra Utara!
Rekening BCA Kantor Cabang Pembantu (KCP) Koperasi Sejati Mulia Pasar Minggu No
Rek. 554 001 4207 an. Herni Sri Nurbayanti.
Harap konfirmasi sebelumnya ke [EMAIL PROTECTED] atau HP 0817 149 129.

Milis Keluarga Islami mailto:[EMAIL PROTECTED]