Mbak Mei,

FYI, JIL <> WM
JIL bukanlah WM dan tidak sama dengan WM.

Kalau beberapa waktu ini saya banyak posting apa
yang dibicarakan oleh orang JIL dan bebrapa pihak
yang netral dan beberapa berseberangan yang rame
diskusi di milis JIL, adalah disebabkan teman teman
seringkali memandang binatang JIL ini dengan
kacamaata sendiri.  Bahkan justru dari serangan
dan gossip yang disebarkan teman teman seperti
mbak Mei dan pak HMNA saya justru pengen
tahu memangnya mereka seperti apa .....  :))

Karena itu yang saya forward biasanya selalu untuk
membawa kita ke persepsi yang seimbang.
Jadi lontaran yang kiri dan yang kanan, selalu saya
sertakan sebagai satu kesatuan paket.

Jadi kita bisa melihat bahwa satu manusia itu
utuh, memiliki banyak dimensi.  Kadang pemikirannya
oke, kadang pemikirannya buruk.

Kalau Dlautze kan katika saya kirimkan tulisan
tentang JIL dan BBM langsung bereaksi menghina.
Padahal sebenarnya, ya itu normal normal saja,
setiap manusia memiliki pilihan dan cara pandang.

Dan ini juga sebenarnya yang terjadi pada rekan PKS
dan aktivis organisasi lainnya.  Banyak pemikiran dari
teman PKS, atau HT atau lainnya yang bagus, namun
banyak juga yang perlu dikritik.  Dan itu sesuatu yang normal.
dan tidak perlu dijadikan dewa, dituhankan, atau dianggap
selalu benar.

Namanya juga demokrasi he he he .....  :))

salam,
Ari Condro