Bisa saya pahami, kekeliruan Abah sebenarnya terletak pada pencampur-adukan
antara gagasan kolektif dengan gagasan definitif. Pengelompokan yang Abah
maksud seperti dalam beberapa kali penjelasan, termasuk juga di sini, adalah
gagasan definitif. Perbedaannya akan sangat terlihat dengan jelas dalam
kontek. Ketika kita katakan "pohon" dalam bentuk gagasan definitif maka ia
akan merujuk kepada apa saja yang bernama pohon. Dan itu akan selalu benar,
apakah pembicaranya sedang melihat satu pohon saja, atau sedang melihat
pohon satu persatu dalam sesi berbeda-beda, atau sedang melihat beberapa
pohon sekaligus. Dan semuanya adalah benar selama benda itu masuk dalam
definisi pohon. Inilah yang kita maksud, akan menjadi lebih jelas dalam
kontek bahasa. Gagasan definitif adalah pembahasan Manthiq. Sedangkan dalam
bahasa, sifatnya akan selalu cair. Dan Sibawaihi sudah berkali-kali semenjak
bagian awal al-Kitab menjelaskan tentang perbedaan ini; logika akal
(manthiq) dan logika bahasa. Dalam penjelasannya, Sibawaihi memberikan
contoh "saya telah mengangkat gunung." Kalau anda memahaminya dengan logika
manthiq selamanya kalimat ini tidak akan benar, tapi dalam logika bahasa ini
adalah kalimat yang benar dan tidak bisa disalahkan.

Kalau kita menengok kembali kepada al-Namlu, apakah gagasan kolektif di sini
adalah gagasan definitif? Jawabannya tidak. Pertautan ayat satu dengan ayat
lainnya menjelaskan bahwa pada saat itu seekor semut mengingatkan kepada
kawan-kawannya karena Sulaiman dan tentaranya mau lewat. Tidak ditujukan
kepada unsur lain yang masuk dalam definisi al-Namlu yang berada diluar
dimana kejadian itu berlangsung. Gagasan kolektif sapi adalah sapi-sapi yang
berada dalam lingkup kehidupan Musa dan Bani Israil sehingga sangat sulit
mencari sapi yang bagaimana yang dimaksud untuk disembelih, bukan gagasan
definitif sapi apa saja yang masuk dalam nama sapi. Dan silahkan anda lihat
konteknya dengan pohon hijau di S. Yasin itu, sangat berbeda. Ada perbedaan
antara Isim Jenis dengan Makna Jama'. Kaum, jamaah, nafar, adalah kata
tunggal bermakna Jama' dan selamanya akan bermakna Jama'. Sedangkan Isim
Jenis adalah kata tunggal yang merujuk kepada gagasan definitif, dan apakah
nanti tertentu kepada satu unsur yang masuk dalam namanya, atau kepada
kelompok unsur-unsur yang masuk ke dalam namanya, atau kepada setiap unsur
yang masuk dalam namanya, akan ditentukan oleh kontek bagaimana bahasa itu
digunakan.

Terima Kasih
Aman