-----Original Message-----
From: wanita-muslimah@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Mia
Sent: 27 Juli 2005 9:37
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: [wanita-muslimah] Re: DPRD Bogor Minta Bupati Larang Aktivitas JAI

Terimakasih mbak Ning. Sorry, kalau saya rada gegap gempita, biar
seru dikit tuh. Emangnya He-Man aja yang bisa heboh..:-)

Oke, kita liat di negeri sendiri. Emangnya saya merasa tenang karena
sepanjang kehidupan saya, saya menyaksikan mesjid-mesjid dan kampung
dimana saya tinggal dengan keluarga, pada akhirnya selalu direbut
oleh kelompok fundies/konservatif. Yang bikin lebih rumit karena
sebagian mereka keluarga juga?

Emangnya sebagian Muslim lain merasa tenang setelah melihat FPI
merangsek kampung orang? Saya berani bertaruh sebagian (besar)
Muslim Indonesia nggak merasa tenang karena ini. Tolonglah melihat
dari kacamata mereka juga. Apa gggak miris merasakan yang dirasakan
orang lain dengan keluarga dan kampungnya yang diobrak-abrik? Dimana
lagi tempat kita berlindung? Berjuang mempertahankan rumah kita
sendiri yang tadinya aman dan aman bagi orang lain adalah jihad.

Dimanakah dan siapakah musuh itu? Apakah militansi itu harus selalu
timbul karena kita merasa punya musuh? Seperti He-Man merasa militan
karena dia punya musuh PKS, misalnya nih...:-) Bagaimanakah kita
mengidentifikasi musuh dengan tepat kita dengan strategi ini? Selain
itu bisakah kita membentuk militansi dengan cara-cara lain yang
bukan macho chauvinist? Barangkali saja kita harus mencari cara
kreatif lain ketimbang merasa punya musuh.

FPI ditanyain kenapa merangsek rumah orang? Lha, kan selama
peristiwa itu pemimpin-pemimpinnya selalu selalu muncul di teve dan
menjelaskan kenapa mereka melakukan itu?  Mbok ya tangkep dulu, baru
ditanyain di pengadilan.  Kenapa nggak gitu mbak?  Sejujurnya saya
nggak terlalu musingin kiprah FPI yang seperti orang utan gila dan
lama kelamaan bisa dikucilkan di kelompoknya sendiri. Yang saya
ketengahkan di sini, apa kesepakatan kita tentang aksi-aksi
kekerasan seperti ini?

Oke lah Bupati bertanggungjawab di akhirat, setuju saja. Tapi mbak
Ning belum mendiskusikan cara-cara lain yang saya tawarkan misalnya
dengan dialog rutin, dan tangkepin FPI.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Tri Budi Lestyaningsih
\(Ning\)" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
nikah
> sama non muslim, dsb..dsb.. Tapi kalau sama-sama Islam... kan lebih
> susah mbedainnya mbak.
>
> Saya juga ngga setuju kok kalau main dengan kekerasan. Ada bagusnya
> ditanyakan ke FPI, ada dalilnya ngga melabrak-labrak orang tak
sepaham
> dengan cara seperti itu? Siapa tahu ada dalilnya... saya juga ngga
tau..

> Saya hanya berusaha berfikir menggunakan sepatu pak Bupati. Dia tuh
> bertanggungjawab dunia akhirat lho atas apa yang dipimpinnya.
Tentu dia