Kata guru saya dulu, kalau mau test bahasa Arab cukup suruh baca Fathul
Mu'in dan 'Ianat tHalibin aja. Tapi itu kalau level standard yaa. Kalau mau
test kemampuannya dan kedalaman pemahamannya, minta aja baca Asrar
Balaghahnya Abdul Qahir al-Jurjani.. tidak usah banyak-banyak, cukup satu
halaman atau setengah halaman aja. Kalau mampu paham aja, sudah lumayan..
apalagi kalau bisa menjelaskan.

Saya tidak tahu kriteria anda mengukur antara alumni Madinah dan
lain-lainnya di Tim-Teng. Tapi kalau boleh saya mengajukan perbandingan,
diktat saya tk II S1 al-Azhar dahulu itu adalah diktat S2 di universitas
Madinah dan kebetulan dosennya terbang ngajar juga di Madinah untuk S2nya.
Kemudian, salah seorang teman alumni Madinah dan sudah bergelar Lc itu masuk
tk I s1 di azhar fak. Bahasa Arab, alumni Gontor dulunya, dengan jujur
mundur diri setelah melewati ujian pertama. Jadi mungkin wajar saja ya,
kalau dosen-dosen IAIN yang diprogram kesini dan langsung masuk tk IV di
azhar sampe sekarang masih bertahan. Tidak tahu saya kenapa sebabnya.
Kenyataan lain,  Ustazku dulu yang ngajarin balaghah di pondok dulu, alumni
Madinah dan sekarang di LIPIA Jakarta tuh.. kalau ngajar udah ngga bawa buku
lagi. Hapal di luar kepala.

Kesimpulan saya, ya hal-hal semacam itu relatif aja. Memang institusinya sih
cukup berpengaruh.. tapi lebih berpengaruh lagi ya orangnya. Biar pintar
1000 kali pintar orang biasa, kalau diam aja ya sama aja.

Terima Kasih
Aman