Dear All,
Sebenarnya berita dibawah ini ini menurut saya bagus, bagaimana mengungkap
kasus pelecehan
seksual seorang anggota Polisi. Namun, sayang, saya terganggu dengan
penggunaan kata "Garap" dan "garukannya" dalam menjelaskan kasus
pelecehan seksual. Saya ingin mendiskusikan masalah ini dengan
beberapa catatan.

Pertama kata Garap menurut saya lebih berkonotasi kata kerja yang semestinya
dilakukan. Kata Garap mungkin akan lebih tepat digunakan pada sejumlah
kalimat ya seperti "Menggarap Sawah...." yang berarti ada sawah yang
memang harus di garap (dikerjakan) karena kalau tidak sawah itu tidak
berfungsi. jika kata garap ini dilekatkan dalam kalimat "Garap
PSK,,maka konotasi yang muncul adalah ada PSK yang memang harus di
garap sehingga kalimat tersebut akan berkonotasi kewajaran dan bahkan
keharusan. Dengan penggunaan kata itu, tindakan kekerasan terhadap
perempuan berubah makna menjadi tindakan yang semestinya dilakukan dan
bukan kekerasan.

Kedua kata "garukannya..." kata ini bagi saya berkonotasi bahwa PSK adalah
penyakit atau kotoran yang mesti digaruk. Kata garuk dalam sejumlah
pemaknaan lebih ditujukan kepada sesuatu yang kotor yang harus
dibersikan dengan cara digaruk. Dengan demikian persepsi penulis dalam
hal ini menempatkan PSK sebagai kelompok yang kotor dalam masyarakat,
sehingga mesti digaruk. Bagi saya perspektif ini telah mendeskreditkan
PSK, padahal menjadi PSK tidak bisa dianggap sebagai pekerjaan kotor
apalagi sejumlah kasus saat ini menunjukkan bahwa seseorang menjadi
PSK bukan saja karena kesadaran dan pilihan sadar mereka yang harus
dihormati dan sah, tetapi fenomena PSK juga terkait dengan masalah
perdagangan perempuan. Banyak PSK ternyata adalah korban perdagangan
perempuan. Jika stigma mendeskreditkan mereka terus dilakukan maka
kita telah memperlakukan mereka secara keliru dan tentunya tidak adil.

Itu beberapa catatan saya atas berita dibawah ini,

Salam,
Eko Bambang S
www.jurnalperempuan.com

http://jkt.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2005/bulan/08/tgl/02/time/175454/idnews/414784/idkanal/10
Garap PSK di Atas Truk, 8 Polisi Ditahan di Polres Jaktim
Nala Edwin - detikcom

Jakarta - Sambil menyelam minum air. Itulah yang dilakukan 8 oknum polisi saat
merazia Pekerja Seks Komersil (PSK). Mereka menggarap penjaja seks hasil
garukannya di atas truk polisi.

Delapan anggota polisi tersebut akhirnya dibekuk dan ditahan di Polres Jakarta
Timur (Jaktim) hingga Selasa (2/8/2005).

Peristiwa memalukan ini terjadi pada Senin, 25 Juli 2005. Saat itu, Polres
Jaktim yang beranggotakan 20 personel menggerebek lokalisasi di kawasan Boker,
Jakarta Timur.

Dari razia itu, 3 PSK dan seorang lelaki hidung belang berhasil dijaring.
Mereka lantas digelandang ke Polres Jaktim dengan mengendarai truk.

Nah, di atas truk itulah peristiwa pelecehan seksual terjadi. Seorang PSK
dikerjai beramai-ramai oleh delapan polisi nakal tersebut. PSK itu berusaha
keras melawan. Tapi apa daya, dia tak mampu mengalahkan delapan aparat hukum
yang gelap mata itu.

Ketika turun dari truk, PSK itu membongkar kejadian di atas truk kepada aparat
lain yang memeriksanya. Tapi setelah itu dia malah pulang ke kampung halamannya
di Pulau Jawa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Tjiptono berjanji akan menindaklanjuti
peristiwa yang menampar wajah korpsnya ini. "Polres Jaktim akan melakukan
sidang kode etik terhadap 8 pelaku ini. Kasus ini masih terus diselidiki,"
tandasnya. (aan)