Atas dasar apa Abah pakai terminologi Islam seperti dibawah? Kesan
saya yang mau ber-Islam kayak lagi mau ikut PILKADA saja. KPUD
(baca : Abah) menyediakan Kartu Suara yang isinya ada 4 kandidat.
Nowadays atau seperti kata iklan fren: "hare gene", kita bisa coblos
No. 1 (teramat umum), No. 2 (umum), No. 3 (khusus) atau No. 4
(sangat khusus) ?

Bagi saya "Islam" ya "Islam" tidak pakai "teramat
umum", "umum", "khusus" pun "sangat khusus".
Di Qur'an (al-Maidah 3) cuma bilang "sempurna" yang berarti
sebelumnya itu "belum sempurna" bukan "umum", "khusus" pun "sangat
khusus" (menurut terjemahan, lho. Dimaklumi, ya, saya tidak pernah
belajar bahasa Arab).

Mungkin istilah "sempurna" atau "belum sempurna" lebih tepat daripada
poin-poin dibawah yang terkesan opsional.

Bisa-bisa setelah direkap "KPUD" yang BENAR-BENAR coblos No. 4
suaranya sedikit sekaleeee.

Bemana ini, Abah, tolong penjelasannya yang mendasar, sa tidak
mengerti bela:))))Itu daeng disebelah enak banget ngomong Makassar
tong ji:D

P.s : Abah kalau punya seri wahyu yang ada hubungannya dengan laut,
bagi, ki nah! Sa butuh, skali bela :D

Wassalamu'alaikum,
Ade

H. M. Nur Abdurrahman wrote:

> Khatimah: Islam mempunyai pengertian yang teramat umum, umum,
khusus dan sangat khusus.
> 1. Teramat Umum: Semua makhluq ciptaan Allah adalah Islam [S.
Ali 'Imra-n 83].
> 2. Umum: Islam berarti semua risalah (message) dalam bentuknya
yang otentik, asli yang dibawakan oleh para nabi [S. Ali 'Imra-n 19].
> 3. Khusus: Islam berarti risalah yang dibawakan oleh Nabi Muhammad
SAW. [S. Al Ma-idah, 3]
> 4. Sangat Khusus: Rukun Islam yang lima [HR Bukahri]. Walahu
a'almu bishshawab.