Untuk kepentingan saya pribadi dan saya kira seluruh muslim,
ideologi sebaiknya berdasar aqidah. Sulit bisa kaffah kalau ideologi
berseberangan dengan aqidah.

Aqidah = risalah = ideologi = faith, bersumber pada Qur'an dan
Hadits. Kalau untuk NKRI maka Pancasila sudah cukup baik.
Namun fenomenanya, "faith" patokannya tidak selalu Qur'an dan
Hadits, tapi cenderung pada motivasi dan spirit. Kayak "fear
factor" - RCTI, judulnya "fear", tapi yang berlaga adalah orang-
orang yang punya "faith". Sulit bisa diterima secara aqidah orang
makan cacing, makan makanan busuk, gigit tikus, tidur dikeremuni
kalajengking, dll. Demi 50 ribu dolar, mereka rela melakukan itu,
karena faith factor-nya kenceng sekali.
Itu yang tulis "Life is Beautiful" selalu ngajak pebisnis
agar "faith", apapun tantangannya life must go on. Dan banyakan
golongan pebisnis (kontraktor) biasanya menghalalkan segala cara
biar bisa dapat proyek.

Wassalamu'alaikum,
Ade